Hati-hati dengan Minuman Cokelat Panas, Ini Penjelasannya

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Di saat udara dingin, minum secangkir cokelat panas akan terasa menyenangkan. Terlebih buat kamu yang sedang stres atau insomnia sangat disarankan untuk minum cokelat panas. Karena, cokelat mengandung zat theobromine yang bisa membuat otot menjadi rileks.

Namun, di balik manfaat sehatnya itu, ternyata ada satu bahaya yang harus kamu waspadai dari secangkir cokelat panas, yakni kandungan garam yang membuat cokelat panas jadi terasa gurih.

Menurut ahli gizi di Consensus Action on Salt and Health, Katharine Jenner, bahwa garam adalah silent killer yang bisa bersembunyi pada makanan atau minuman yang dikonsumsi tanpa terlihat secara jelas.

“Begitu juga di dalam cokelat panas yang kamu minum, tanpa kamu sadari konsumsi garam ini dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, menempatkan risiko tinggi terkena penyakit jantung, ginjal atau otak, dan menyebabkan stoke maupun demensia,” terang Katharine.

Temuan tersebut didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh lembaga yang sama, dan menemukan kandungan garam di dalam cokelat bubuk lebih buruk daripada sekantong keripik kentang.

“Mengurangi asupan garam dari 8 gram ke 6 gram per hari dapat mencegah munculnya beragam penyakit berbahaya. Jadi, kamu harus waspada dengan konsumsi makanan yang kamu pilih,” tandasnya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar