Ini yang Dilakukan Teater Luhur SMPN 1 Ciamis Jelang FDBS se-Jabar

Teater Luhur SMPN I Ciamis saat menggelar gladi resik drama teater berjudul “Pasalia.”

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Teater Luhur SMPN I Ciamis akan mengikuti Festival Drama Bahasa Sunda (FDBS) yang akan digelar Teater Sunda Kiwari Bandung, Sabtu (01/04/2017), di Gedung Kesenian Rumentang Siang Bandung.

Saat menggelar gladi resik (GR) di Kampus SMPN I Ciamis, Rabu (29/03/2017) malam, penampilan 44 siswa sekolah tersebut mendapat pujian dari seniman dan budayawan Ciamis, Godi Suwarna.

Menurutnya, penampilan drama yang dibawakan para siswa itu memiliki penekanan peran yang kuat di setiap karakter, sehingga mereka mampu menguatkan cerita yang disampaikan.

“Hampir tak ada kelemahan dalam penampilan para siswa ini. Tapi saat pasanggiri nanti, bermain di dalam ruangan akan berbeda, bisa menjadi lebih baik dari ini, namun bisa juga lebih buruk dari ini,” ujar Godi, dalam sesi diskusi usai GR.

Pada kesempatan itu Godi pun menekankan agar para sineas muda SMPN I Ciamis mampu mengatasi grogi sebelum naik panggung nanti, yakni dengan cara mengatur pernafasan, dan berkeyakinan mampu menampilkan yang terbaik.

“Penekanan karakter saat di atas panggung harus diimplementasikan pula di kehidupan sehari-hari, bagaimana kita bertutur kata, serta berperan dengan baik dalam bersosialisasi di kalangan masyarakat luas,” tandas Godi.

Sementara itu, pimpinan produksi Teater Luhur, Dadang Q-Mos, melalui asisten sutradara, Fahmy, mengatakan, Teater Luhur akan tampil mengikuti pasanggiri pada hari Sabtu (01/04/2017), bertempat di Gedung Kesenian Rumentang Siang Bandung.

“Di Bandung kita akan bersaing dengan 79 peserta pelajar lainnya, dan kita dapat nomor urut tampil ke 41,” terang Fahmy, Kamis (30/03/2017).

Dia juga menjelaskan, pada gelaran FDBS ini, pihak penyelenggara menetapkan lima naskah cerita yang meliputi Salayar Dami, Durum, Pasalia, Belis dan Pret. Teater Luhur sendiri memilih naskah Pasalia untuk ditampilkan nanti.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dudung Abdullah, menyatakan bahwa dirinya sangat mendukung terhadap perwakilan Ciamis yang akan ikut serta dalam FDBS di Bandung.

“Saya sangat bangga dan mendukung siswa Ciamis yang berprestasi di bidang ekstrakulikuler, apalagi di tingkat provinsi. Mudah-mudahan para siswa tersebut bisa membawa harum nama Ciamis,” ungkap Dudung. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA