Ratusan Siswa SMP di Pamarican Ciamis Cairkan Bantuan PIP 2017

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ratusan murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memadati Kantor BRI Unit Pamarican untuk mencairkan dana bantuan dari pemerintah yang disalurkan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2017, Kamis (30/03/2017).

Kepala Seksi Kesiswaan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Udiman, saat dijumpai HR Online di BRI Unit Pamarican, mengatakan, pihaknya langsung turun ke daerah guna memantau pencairan PIP Tahun 2017.

“Kami sengaja langsung turun untuk melakukan monitoring pencairan PIP di wilayah Kecamatan Pamarican. Hari ini ada tiga sekolah yang mencairkan PIP, diantaranya SMPN 2 Pamarican, SMPN 4 Pamarican dan SMP Pasundan. Rencananya dalam satu hari ini semua penerima PIP bisa menerimanya,” terangnya.

Udiman menjelaskan, pencairan PIP bagi siswa/i SMP di Pamarican ini diambil secara langsung oleh siswa penerima dengan di dampingi para orang tuanya masing-masing, serta pendampingan dari para kepala sekolah.

Dia menyebutkan, di Kecamatan Pamarican ada 353 siswa penerima bantuan PIP. Jumlah sebanyak itu terdiri dari 42 siswa SMPN 1 Pamarican, 126 siswa SMPN 2 Pamarican, 91 siswa SMPN 3 Pamarican, 74 siswa SMPN 4 Pamarican, dan 20 siswa SMP Pasundan.

Masing-masing siswa akan menerima PIP sesuai kriteria, yakni untuk kelas VII sebesar Rp.375.000 per siswa, sedangkan untuk kelas VIII dan IX sebesar Rp.750.000 per siswa.

“Hal ini kenapa berbeda, karena siswa kelas VII itu masih akan menerima PIP lanjutan, sementara siswa kelas VIII dan IX penerimaannya disatu kalikan. Namun, bagi kelas IX yang pernah menerima PIP, mereka sama akan menerima sebesar 375 ribu rupiah,” paparnya.

Pada pencairan PIP Tahun 2017, untuk hari Kamis ini BRI Unit Pamarican mencairkan bagi tiga sekolah, yaitu SMPN 2 Pamarican, SMPN 4 Pamarican dan SMP Pasundan. Sedangkan, dua sekolah lainnya yaitu SMPN 1 dan SMPN 3 Pamarican, pencairannya nanti setelah pihak sekolah selesai melakukan pendataan.

“SMPN 1 Pamarican belum masuk datanya, sementara SMPN 3 Pamarican berkas datanya baru masuk, tinggal menunggu pencairan mendatang,” pungkas Udiman. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar