Upaya Tingkatkan Siskamling, Kecamatan Pataruman Banjar Dorong Peran Linmas

Camat Pataruman, Moch. Dasuki Sholeh, saat ditemui Koran HR, di ruang kerjanya. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan di wilayah Kota Banjar, Pemerintah Kecamatan Pataruman mendorong peran Linmas serta sistem keamanan dan lingkungan (Siskamling) supaya terus ditingkatkan.

Camat Pataruman, Moch. Dasuki Sholeh, mengatakan, sesuai amanat Undang Undang 1945 dan Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat, menyatakan, bahwa keberadaan Siskamling yang ditopang dengan adanya Linmas tentu menjadi kesatuan yang perlu ditingkatkan lagi fungsinya.

Itu artinya Linmas bukan hanya memiliki peran dalam hal keamanan saat adanya sebuah kegiatan semata. Namun, peran serta dan fungsi Linmas harus kembali dipahami dan disadari.

“Sebenarnya peran mereka sangat penting dalam hal keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat. Selain soal keamanan dan ketertiban, mereka juga memiliki peran mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kondusifitas keamanan serta membantu peran kepolisian dan TNI,” terang Dasuki, saat ditemui Koran HR, di ruang kerjanya, Selasa (21/03/2017).

Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat agar terus berperan aktif dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara, melalui pengoptimalan kegiatan Siskamling di semua wilayah, khususnya di Kecamatan Pataruman.

Karena, menurut Dasuki, bukan hanya tugas Polisi maupun TNI saja yang menyangkut soal keamanan, tapi warga masyarakat juga memiliki peran yang sama demi menjaga keamanan daerah.

Pihaknya pun berharap para stakeholder, baik pejabat kecamatan maupun pemerintah desa, mau melakukan kunjungan ke setiap pos kamling guna memantau aktifitas dan mendorong masyarakat supaya lebih aktif lagi. Dengan begitu, maka kondusifitas serta harapan wilayah yang tentram bisa terwujud karena kebersamaan dan kekompakan.

“Ketika peran dan fungsi Linmas ditingkatkan, stakeholder-nya menyatu dengan aktifitas masyarakat. Masyarakatnya kompak dalam menjaga keamanan, maka segala hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir, terutama menangkal kegaduhan, kejahatan dan lainnya,” pungkas Dasuki. (Muhafid/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar