Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Gandeng Investor Kembangkan Wisata di Bendungan Leuwikeris

Pemkab Ciamis Gandeng Investor Kembangkan Wisata di Bendungan Leuwikeris

Kawasan wisata Bendungan Leuwikeris ditetapkan di area genangan yang berada di Kelurahan Bentang, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis atau berada di sekitar area yang akan dibangun Jembatan Benteng-Manonjaya (Betmen). Gambar ini adalah perencanaan Jembatan Betmen. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, mengungkapkan, saat ini sudah ada investor lokal yang bersedia untuk bekerjasama dengan Pemkab Ciamis dalam mengembangkan parawisata di area genangan bendungan Leuwikeris.

Rencananya, di kawasan area genangan bendungan itu akan dikembangkan wisata swafoto (selfi), wisata rekreasi seperti playingfox, perahu wisata, guest house, villa terapung dan rumah makan terapung serta wisata keindahan alam lainnya.

“Konsep kerjasama dengan pihak swasta ini sudah mulai kami rancang. Artinya, dalam pengembangan wisata di bendungan Leuwikeris tidak terpaku pada anggaran pemerintah, tetapi juga perlu melibatkan pihak swasta agar mempercepat dalam pengembangannya,” ujarnya, kepada Koran HR, Selasa (16/05/2017).

Menurut Budi, kawasan bendungan Leuwikeris didukung oleh keindahan hutannya yang masih asri. Dengan begitu, dalam konsep pengembangan wisatanya, tidak hanya menggali potensi dari bendungannya saja, tetapi dipadukan dengan keindahan alam di sekitar bendungan.

“Selain masih asri, juga memiliki karakter alam yang berbeda dari tempat lainnya. Artinya, ketika wisatawan berada di kawasan itu, mereka akan menemukan pemandangan baru yang belum dilihat di tempat lain,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Budi, apabila temuan benda arkeolog yang terdapat di area genangan bendungan Leuwikeris sudah didukung fakta sejarah dan kemudian ditetapkan sebagai peninggalan sejarah masa lalu, tentunya akan semakin memperunik kawasan wisata tersebut.

“Kami yakin apabila kawasan genangan bendungan Leuwikeris nantinya sudah dikembangkan, akan menjadi destinasi wisata baru yang akan banyak dikunjungi wisatawan,” ujarnya. (Bgj/Koran-HR)

Berita Terkait

Bappeda Ciamis Buat Masterplan Pengembangan Bendungan Leuwikeris

Area Wisata Bendungan Leuwikeris Seluas 3,6 Hektar Berlokasi di Benteng Ciamis

Ini Alasan di Bendungan Leuwikeris Ditetapkan Kawasan Wisata Sejarah dan Budaya

- Advertisment -