Agenda Rutin Pemdes Sidarahayu Ciamis, Upacara HUT RI Digelar Secara Mandiri

Kegiatan istighozah digelar Pemerintah Desa Sidarahayu pada malam puncak 17 Agustus 2017, di aula kantor desa. Foto: Eva/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 secara mandiri di lapangan sepakbola milik pemerintah desa.

Kepala Desa Sidarahayu, Pipin Kholis, mengatakan, pelaksanaan upacara HUT RI secara mandiri sudah menjadi agenda rutin pihaknya. Di wilayah Kecamatan Purwadadi, hanya ada dua desa yang melaksanakan upacara tersendiri, salah satunya Desa Sidarahayu.

“Rangkaian kegiatan Agustusan yang didanai dari Alokasi Dana Desa tahap pertama dan dari para donatur itu, alhamdulillah semuanya sudah selesai dan berjalan lancar. Semua itu berkat kerjasama pemerintah desa dengan pihak PHBN Desa Sidarahayu, dan semua elemen masyarakat,” tuturnya, kepada Koran HR, Selasa (22/08/2017) lalu.

Berbagai kegiatan yang digelar meliputi jalan sehat, sepeda santai, turnamen volli ball antar RW, sepakbola antar RW, dan beberapa kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di setiap lingkungan.

Kemudian, pentas seni tradisional berupa pagelaran seni kuda lumping (ebeg) di Dusun Pasungsari dan Dusun Manganti. Sedangkan, pada malam puncak 17 Agustus 2017, digelar pula kegiatan istighozah di aula kantor desa.

Lebih lanjut Pepen mengatakan, bahwa untuk kegiatan pembangunan infrastruktur yang didanai dari Dana Desa (DD) tahap pertama telah selesai dilaksanakan. Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan pencairan tahap kedua yang akan dialokasikan pada pengecoran jalan lingkungan di 6 titik di wilayah Dusun Manganti. DD tahap kedua juga akan dialokasikan untuk penyertaan modal BUMDes.

Sementara, ADD tahap kedua rencananya akan diperuntukan pada pembangunan jembatan usaha tani yang lokasinya berada di RT.11, RW.02, Dusun Manganti. Pihaknya berharap, pencairan DD maupun ADD tahap kedua bisa dilakukan bulan September mendatang.

“Harapan saya, kegiatan yang akan dilakukan nanti bisa berjalan dengan lancar, tidak ada kendala dan bisa mempertahankan kualitas pembangunan yang baik. Tentunya pula bisa dirasakan manfaatnya oleh semua warga,” pungkas Pipin. (Eva/Koran HR)

Loading...