Aplikasi di Smartphone yang Membuat Miskin Kuota Internet

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Jangan komplain jika kuota internet di smartphone Anda tiba-tiba cepat habis. Mungkin di smartphone Anda terinstal beberapa aplikasi mobile, yang ternyata bisa ‘memakan’ kuota internet cukup banyak.

Dikutip dari Liputan6, sebuah perusahaan antivirus dan keamanan siber dari Republik Ceko, Avast, dalam rilisnya ‘Avast Android App Performance & Trend Report’ di kuartal pertama 2017, mengelompokkan menjadi dua aplikasi yang menguras kuota internet.

Dua kelompok tersebut yaitu berdasarkan penggunaannya dan start-up atau aplikasi yang aktif otomatis.

Berdasarkan kelompok penggunaan, aplikasi Netflix beada di peringkat pertama aplikasi yang paling banyak membuat miskin kuota internet. Disusul Spotify, Snapchat, BBC News, Line, Microsoft Outlook, Clean Master, Samsung WatchON, Amazon for Tablets ,dan PicsArt Photo Studio & Collage.

Sementara kelompok start-up, posisi pertama ditempati Facebook, Instagram, Yahoo! Japan, Firefox Browser, The Weather Channel. Kemudian aplikasi WhatsApp, Google Chrome, DU Battery Saver, Facebook Lite, dan Google Play Store.

Aplikasi start-up ini meski tidak aktif digunakan namun tetap memakan kuota internet. Jika tidak ingin kuota internet Anda habis, Avast menyarankan agar jangan mengaktifkan sepuluh aplikasi start-up tersebut.

Atau bisa juga dengan menghapus aktivitas latar belakangnya. Hal tersebut untuk membantu mengatur pemakaian internet saat sedang tidak konek dengan WiFi. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA