Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarAwalnya Kotor & Bau, Sungai Ciroas Banjar Kini Jadi Tempat Mancing Ikan

Awalnya Kotor & Bau, Sungai Ciroas Banjar Kini Jadi Tempat Mancing Ikan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Berawal dari kepedulian terhadap sungai dan lingkungan, Komunitas The River Side di Lingkung Cikabuyutan Timur, RT.4/12, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, menyulap Sungai Ciroas yang tadinya kotor dan bau, kini menjadi bersih dan sehat.

Hal itu dilakukan dalam rangka mempromosikan sebuah program untuk menggugah kepedulian masyarakat supaya tidak membuang sampah ke sungai.

Ketua Komunitas The River Side, Apip Supiana (52), mengatakan, dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga semua elemen masyarakat.

“Ide ini merupakan bagian dari Program Kali Bersih atau Prokasih. Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa tempat yang tadinya sangat kotor dan bau, bisa diubah jauh lebih bersih,” katanya, kepada HR Online, Kamis (31/08/2017).

Apip juga mengungkapkan, komunitasnya melakukan hal ini karena melihat semakin meningkatnya aktifitas masyarakat dari berbagai kegiatan. Seiring dengan hal itu, maka sampah yang ditimbulkan pun kian meningkat, khususnya limbah domestik yang tidak diolah terlebih dahulu, kemudian langsung dibuang ke sungai sehingga menambah beban pencemaran sungai.

“Saya berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah atau limbah ke sungai, karena dapat mencemari dan merusak kualitas air sungai,” tandasnya.

Menurut Apip, dengan bersihnya Sungai Ciroas, kini banyak warga yang memancing ikan di sungai tersebut. Aktivitas memancing terlihat setelah sebelumnya ditebar beberapa kuintal ikan hasil sumbangan dari sejumlah donatur yang peduli akan kebersihan sungai dan lingkungan.

“Setelah bersih, alhamdulillah sekarang banyak yang memancing di sini, dan mereka pun bukan hanya dari kalangan dewasa saja, melainkan anak-anak sekolah juga ikut berbaur menyalurkan hobinya mengadu “kesabaran,” kata Apip. (Hermanto/R3/HR-Online)