Awas! 7 Jenis Kanker Ini Mengintai Penyuka Minuman Beralkohol

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit kanker. Seperti halnya kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

“Kebiasaan minum alkohol bisa menyebabkan kanker dan potensinya sebesar empat sampai enam persen,” terang Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp. PD-KHOM, seperti dilansir liputan6.com, Kamis (24/08/2017).

Dia juga menjelaskan, ada tujuh macam kanker akibat konsumsi alkohol, diantaranya kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pangkal tenggorokan, kanker kerongkongan, kaner hati, kanker payudara, dan kanker usus.

Namun, potensi kanker paling besar yang disebabkan oleh alkohol adalah kanker usus dan kanker payudara. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi wanita, sebab berpotensi lebih besar dibandingkan pria.

Sementara itu, dikutip dari laman WebMD, bahwa dari perspektif kesehatan masyarakat, alkohol diperkirakan menjadi penyebab sekitar setengah juta kematian akibat kanker di seluruh dunia pada tahun 2012, yakni sebesar 5,8 persen. Risiko tertingginya dikaitkan dengan minuman yang mengandung kadar alkohol tinggi. Tetapi, risiko cukup besar dialami pula oleh peminum dengan konsumsi rendah dan sedang. (Eva/R3/HR-Online)