Minggu, Juli 3, 2022
BerandaArtikelAwas! Kini Oli Asli & Palsu Makin Sulit Dibedakan

Awas! Kini Oli Asli & Palsu Makin Sulit Dibedakan

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com),-

Oli yang merupakan bagian penting dari kendaraan sebagai pelumas, namun kini semakin banyak dipalsukan. Bahkan, Federal Oil lewat Plant Director MPM Lubricants, Ari Sutanto, tak menampik adanya kasus pemalsuan pelumas kendaraan yang kian mengancam pasar.

Seperti dikutip dari detikOto, Kamis (24/08/2017), beredarnya produk oli palsu itu makin lama semakin mendekati kepada keserupaan. Untuk itu, kata Ari, Federal Oil selalu menyiapkan antisipasi dengan cara selalu memperhatikan pasar. Hal itu mengingat saat ini pemalsuan oli kian mengancam.

“Kalau yang di luar atau di pasar luas itu memang agak sulit. Namun kita saranin agar konsumen beli ke toko atau distributor resmi Federal. Karena kita selalu mensurvei pasar, jika memang terjadi seperti itu, kita akan tau ada yang baru apa lagi yang dipalsukan,” tutur Ari.

Misalnya, baru tahun lalu Federal Oil mengganti botol dan ganti tutup, sehingga mengurangi terjadinya proses pemalsuan. Sedangkan, untuk bisa melihat palsu atau tidaknya produk Federal Oil, hal itu bisa dilihat dari sistem yang ada di labolatorium mereka.

“Itu antisipasinya, kita ganti label dan sebagainya. Alat diuji lab, seolah-olah seperti finger print. Jadi, jika produk Anda kasih ke saya, kita akan cek di lab untuk mengetahui apakah itu betul produk Federal atau bukan, itu akan ketahuan,” terangnya. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -