Lutut Berbunyi ‘Krek’ Saat Diluruskan, Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit Osteoarthritis

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Mungkin Anda pernah mendengar bunyi ‘krek’ di bagian lutut saat berdiri. Bunyi ini jangan dianggap remeh karena bisa jadi itu adalah pertanda penyakit sendi.

Di Amerika, sebuah penelitian terhadap kurang lebih 3500 orang menunjukkan adanya hubungan yang jelas antara lutut yang bersuara dengan perkembangan sendi yang menyakitkan. Dalam beberapa kasus hal itu bisa menyebabkan osteoarthritis.

Pada penelitian tersebut, para ilmuwan menilai peserta yang berusia rata-rata 61 tahun itu melakukan foto rontgen bagian kaki untuk nyeri kaki. Mereka juga ditanya apakah mengalami perasaan seperti menggiling, bunyi krek, atau jenis suara lainnya ketika mereka menggerakkan lututnya.

Peserta yang tidak memiliki tanda peringatan dalam foto rontgen namun mengalami lutut yang berbunyi, maka hal itu menunjukkan bahwa mereka memiliki risiko lebih tinggi menderita osteoarthritis empat tahun kemudian.

Penulis utama penelitian, Dr. Grace Lo, menjelaskan, banyak orang yang memiliki tanda osteoarthritis pada rontgen tidak selalu mengeluhkan rasa sakit.

“Studi ini menunjukkan, jika orang-orang tersebut memiliki lutut yang berbunyi, mereka memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan rasa sakit di tahun depan, dibanding dengan mereka yang tidak memiliki suara pada lututnya,” ungkap Dr. Grace Lo. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...