Rabu, Januari 26, 2022
BerandaArtikelMawlynnong, Desa Terbersih se-Asia yang Dijuluki “Taman Milik Tuhan”

Mawlynnong, Desa Terbersih se-Asia yang Dijuluki “Taman Milik Tuhan”

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Mawlynnong, adalah sebuah desa kecil di India bagian Timur dinobatkan sebagai desa terbersih se-Asia sejak tahun 2003. Desa yang dihuni 600 orang itu pun dijuluki “Taman milik Tuhan.”

Dikutip dari VIVA.co.id, Selasa (29/08/2017), bahwa di desa tersebut semua warganya berkerja sama untuk tetap menjaga kebersihan di seluruh penjuru desa. Sehingga, pada tahun 2005 pemerintah India mengakui Desa Mawlynnong sebagai desa terbersih di India.

Menurut Odditycentral, sebelum pergi ke sekolah, anak-anak di desa ini memiliki tanggung jawab untuk menyapu kotoran dan dedaunan yang jatuh di sepanjang jalan. Selanjutnya, dedaunan yang sudah dikumpulkan itu dikubur dalam kompos pit.

Selain menyapu kotoran dan dedaunan, anak-anak juga ditugaskan untuk membuang sampah yang telah terkumpul dalam tempat sampah berupa keranjang bambu. Sebelum dibuang, terlebih dahulu sampah dipilah berdasarkan jenisnya.

Khusus sampah plastik, warga biasanya akan mendaur ulang untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Bahkan, yang lebih menariknya lagi penduduk desa dilarang merokok guna menjaga kesegaran udara di sana, dan untuk membuktikan komitmen mereka terhadap lingkungan yang sehat, hampir setiap rumah menggunakan tenaga surya.

Sementara itu menurut BBC, obsesi kebersihan di Mawlynnong dimulai saat wabah kolera melanda desa ini 130 tahun silam. Sejak itulah penduduknya berkomitmen untuk menjaga kebersihan desa yang akan diturunkan dari generasi ke generasi.

Wisatawan dipersilahkan mengunjungi Desa Mawlynnong selama mereka mentaati aturan yang berlaku. Penduduk setempat pun akan menyambut hangat wisatawan yang ingin berkunjung, bahkan mereka juga sangat pandai berbahasa Inggris. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -