Oktober 2017, Obyek Antariksa Sepanjang 30 Meter akan Melintas Dekat Bumi

Asteroid 2012 TC4 yang ukurannya sama dengan rumah akan melintas dekat bumi bulan Oktober mendatang. (The Telegraph)

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Pada Oktober 2017 mendatang, obyek antariksa asteroid yang ukurannya menyerupai rumah dengan panjang sekitar 30 meter, akan melintas dekat bumi. Meskipun dikatakan dekat, namun bila dikonversikan dengan jarak di bumi bisa dibilang cukup jauh, yakni 44 ribu kilometer.

Jarak sejauh itu sama dengan empat kali pulang-pergi Kutub Utara-Kutub Selatan. Bahkan, satelit terjauh yakni satelit geostasioner yang mengorbit pada bumi, berada pada ketinggian 36 ribu kilometer.

Dilansir laman berita The Telegraph, Minggu (13/08/2017), Badan Antariksa Eropa (ESA) meyakinkan warga bumi supaya tidak khawatir terhadap asteroid tersebut. seperti dikatakan seorang peneliti dari ESA, Detlef Koschny, bahwa asteroid bernama TC4 itu hanya lewat, dan tidak akan menabrak bumi.

Sebelumnya, asteroid tersebut pernah melewati bumi pada bulan Oktober 2012 dengan jarak lintasannya yang lebih jauh, yaitu 95 ribu kilometer, atau seperempat jarak bumi ke bulan.

“Kemungkinan besar kali ini juga sama, hanya melintas lalu menghilang begitu saja,” kata Kepala Operasi ESA, Rolf Densing. (Eva/R3/HR-Online)