Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita Ciamis(Pilkada Ciamis) DR. Heri Berencana Petakan Zona Tanah Sentra Pertanian

(Pilkada Ciamis) DR. Heri Berencana Petakan Zona Tanah Sentra Pertanian

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Ciamis memiliki wilayah pertanian yang sangat luas. Sayangnya, banyak tanah atau lahan di sejumlah pelosok daerah belum dikembangkan secara maksimal. Untuk memaksimalkan pengembangan sektor pertanian, diperlukan upaya pemetaan serta pendataan zona tanah.

Bakal Calon Bupati Ciamis, DR. H.R. Heri Solehudin Atmawidjaja, ketika HR Online di sela-sela kunjungan ke sentra pertanian Desa Sukamantri, Kecamatan Sukamantri, beberapa waktu lalu, mengaku sudah memiliki agenda untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Ciamis. 

DR. Heri menuturkan, pihaknya akan melakukan upaya seperti pendataan sekaligus pemetaan zona tanah pertanian (peternakan, perikanan dan kehutanan) serta zona tanah industri yang ada di Kabupaten Ciamis.

Menurut DR. Heri, pendataan dan pemetaan zona tanah itu dilakukan untuk mengetahui sekaligus mengarahkan pengembangan sentra-sentra pertanian sesuai dengan lahan (tanah) dan peruntukkannya.

“Jangan sampai lahan atau tanah untuk agribisnis malah digunakan untuk industri. Ini jelas tidak sesuai dengan peruntukkannya atau kontradiksi,” kata DR. Heri.

Untuk merealisasikan pengembangan sektor pertanian, DR. Heri mengaku akan melibatkan para ahli pertanian dari perguruan tinggi, untuk mengecek kondisi tanah serta menentukan tanaman yang cocok untuk dikembangkan di lokasi tersebut.

“Dengan begitu, kita punya acuan yang benar dan jelas, baik dari sisi keilmuan ataupun dari sisi peruntukkan tanah tersebut,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)