Program Pembangunan 2017, Pemdes Mekarharja Banjar Fokus Rehab Rutilahu

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada program pembangunan tahun anggaran 2017, Pemerintah Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, saat ini sedang fokus melaksanakan rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 23 unit yang tersebar di tiga dusun, yakni di Dusun Randegan, Dusun Pasirleutik, dan Dusun Cibentang.

Kepala Desa Mekarharja, Saptono, mengatakan, tim survey yang melibatkan tokoh masyarakat dan ketua RT setempat itu telah melakukan survey. Berdasarkan hasil survey, ke 23 rumah warga tersebut benar-benar sudah siap untuk direhab.

“Bantuan dari gubernur, dari kota dan Alokasi Dana Desa memang diperuntukkan menggarap Rutilahu. Bagi warga Desa Mekarharja penerima manfaat yang sudah siap, maka tim akan segera memberikan keperluan rehab rumahnya berupa material, misalnya pasir, genteng, kayu dan lainnya. Itu akan disupley oleh tim dari Pemdes Mekarharja,” terang Saptono, saat ditemui Koran HR, Selasa (15/08/2017) lalu.

Saptono juga mengatakan, bahwa sejak awal dirinya sudah mewanti-wanti kepada tim untuk mensosialisasikan program Rutilahu yang sedang dilaksanakan Pemdes Mekarharja secara bertahap.

“Agar tidak sampai terbengkalai, maka saya tanya kesiapan warga, dan diharapkan kepada warga yang belum terjadwal dimohon bersabar,” ujarnya.

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Mekarharja, pihaknya optimis di tahun 2019 tidak ada lagi Rutilahu di Desa Mekarharja. Meskipun Rutilahu yang tersisa saat ini jumlahnya mencapai 6o unit. (AM/Koran HR)

Loading...