Terciprat Minyak Goreng Panas, Cepat Pakai Bahan Alami Ini

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Pasta gigi atau odol biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama setelah terkena cipatran minyak goreng panas. Namun cara memakai odol sebenarnya akan menambah luka bakar.

Dikutip dari Heal Dove, ada beberapa bahan alami yang bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit karena cipatran minyak goreng panas seperti mentimun. Mentimun yang kaya akan kandungan vitamin C dan K serta antioksidan sangat efektif mengurangi radang, bengkak karena luka bakar ringan.

Kemudian ada cuka yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan melemaskan otot. Lidah buaya, yang ternyata bisa mempercepat mengembalikan jaringan kulit yang rusak. Bisa juga dengan susu dingin yang bisa menenangkan rasa sakit di area tubuh dalam hitungan menit.

Untuk sebagai penghilang rasa sakit serta membantu menyembuhkan lebih cepat bisa memakai minyak zaitun, yang dioleskan ke bagian luka bakar ringan. Sedangkan apabila untuk kulit yang tidak berdarah atau rusak, cukup oleskan sedikit kunyit yang dibuat bubuk atau madu.

Ada baiknya sebagai cara penanganan pertama untuk luka bakar yang memerah atau melepuh, terlebih dulu dialiri menggunakan air dingin kurang lebih 5-30 menit. Air dingin tersebut berfungsi untuk mengurangi pembengkakan.

Kemudian luka bakar tersebut tutup memakai perban supaya menghindari dari bakteri. Akan tetapi, tidak disarankan obati luka bakar memakai es batu, pasalnya bisa menambah resiko peradangan jika luka sudah terbuka. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...