Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita PangandaranAir Sungai Meluap, Jalan di Cigugur Pangandaran Ini Kebanjiran

Air Sungai Meluap, Jalan di Cigugur Pangandaran Ini Kebanjiran

Luapan air Sungai Ampel di Dusun Tegalega, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran yang menerjang jalan dengan kedalaman selutut orang dewasa. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Jalan Ampel yang terletak di Dusun Tegalega, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran diterjang air luapan dari sungai setelah di wilayah Kabupaten Pangandaran diguruy hujan. Akibatnya, aktifitas kendaraan yang melalui jalur tersebut terganggu.

Yanti, warga setempat, mengatakan, derasnya air sungai yang berasal dari gunung membuat debit air Sungai Ampel meningkat. Bahkan, karena kondisi sungai yang mengalami pendangkalan membuat jalan yang berada di sekitar sungai terendam air hingga kedalaman selutut orang dewasa.

“Sungai tidak mampu menampung volume air yang begitu tinggi dari gunung sejak hujan turun terus. Banyak kendaraan tidak bisa melintas karena airnya cukup dalam,” ucapnya, Kamis (05/10/2017).

Hal senada juga diungkapkan Soleh, warga lainnya. Kondisi sungai yang dangkal serta kiriman air dari pegunungan cukup tinggi membuat sungai tidak mampu mengalirkan air sebagaimana mestinya. Ia menilai, hal itu lantaran resapan air di pegunungan semakin berkurang.

“Saya yakin jika hujan turun dan resapan air di pegunungan baik, tidak akan terjadi seperti ini. Atau juga Sungai Ampel harus dilakukan pengerukan supaya tidak meluap lagi,” ucapnya kepada HR Online.

Menurutnya, meski air yang menggenang jalan tersebut lambat laun semakin surut, namun ia khawatir dengan kondisi saat ini yang mana hujan terus turun. Ia harap, upaya menjaga lingkungan hidup terutama di areal pegunungan harus terus dilakukan oleh semua pihak.

“Saya tidak ingin ada bencana karena kecerobohan atau kesengajaan manusia itu sendiri yang lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan orang banyak,” tegasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -