Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita PangandaranAkibat Hujan Tadi Malam, Dua Jalan Akses Vital di Pangandaran Tergerus Longsor

Akibat Hujan Tadi Malam, Dua Jalan Akses Vital di Pangandaran Tergerus Longsor

Jalan penghubung antar daerah di Dusun Sangkanbawang, Desa Kalijati, Kecamatan Sidaumulih, terputus akibat longsor. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dua jalan akses vital yang menghubungkan antar daerah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dilaporkan tergerus longsor. Pergerakan tanah terjadi setelah wilayah Pangandaran dan sekitarnya diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi yang terjadi Rabu (04/10/2017) malam hingga Kamis (05/10/2017) pagi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangandaran, dua jalan yang tergerus longsor itu berlokasi di Kecamatan Sidamulih dan Kecamatan Cigugur.

Di Kecamatan Sidamulih, jalan penghubung antar daerah di Dusun Sangkanbawang, Desa Kalijati, nyaris terputus akibat longsor. Jalan ini merupakan akses penghubung antar daerah, yakni menghubungkan wilayah Sidamulih Kabupaten Pangandaran dengan wilayah Desa Pasawahan, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Sementara satu lagi akses jalan yang sama tergerus longsor berada di daerah Campaka Kecamatan Cigugur.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan, penyebab jalan putus di Dusun Sangkanbawang, Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, tak hanya disebabkan oleh guyuran hujan yang terjadi tadi malam, tetapi sebelumnya pun sudah terjadi pergerakan tanah yang menyebabkan kontruksi jalan tersebut mengalami retak-retak.

“Pegerakan tanah yang menyebabkan jalan di daerah Sangkanbawang mengalami retak-retak berbarengan dengan terjadinya gempa bumi di Sukabumi. Karena dari akibat retak itulah, ketika terjadi hujan deras tadi malam, menyebabkan longsor semakin parah. Akibatnya, jalan yang awalnya hanya mengalami retak, kini nyaris terputus dengan lubang menganga lebih lebar,” ujarnya.

Sementara jalan longsor yang terjadi di Campaka Kecamatan Cigugur, lanjut Nana, telah menggerus pinggir badan jalan, sehingga pengendara harus berhati-hati ketika melintas ke jalan tersebut. “Kerusakan jalan akibat bencana tadi malam sudah kami laporkan ke Dinas PU. Mengenai tindaklanjut penanganan daruratnya seperti apa, silahkan tanyakan ke Dinas PU,” pungkasnya. (R2/HR-Online)

- Advertisment -