Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita BanjarAnggota DPRD Banjar Ini Ajak Masyarakat Cintai Budaya Indonesia

Anggota DPRD Banjar Ini Ajak Masyarakat Cintai Budaya Indonesia

Anggota DPRD Kota Banjar dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gun Gun Gunawan Abdul Jawad. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Anggota DPRD Kota Banjar yang juga pengasuh Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Komplek Jabal Rohmah Gun Gun Gunawan Abdul Jawad menuturkan, penanaman penghargaan terhadap nilai-nilai budaya dan kearifan lokal perlu dipertahankan dan dijaga sebaik mungkin sejak dini.

Menurutnya, tradisi ataupun budaya yang ada di setiap daerah dan sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam perlu mendapatkan perhatian khusus oleh semua elemen masyarakat sebagai sarana pelestarian ajaran nasionalisme yang ditanamkan para pejuang, ulama maupun leluhur zaman dahulu.

“Kita harus bangga menjadi warga Indonesia yang sebenarnya. Sebab, bangsa ini menjunjung tinggi nilai persaudaraan, kemanusiaan, dan perdamaian meskipun kita memiliki banyak perbedaan, baik suku, bahasa dan budaya serta lainnya,” ujar Gun Gun di sela-sela kegiatan Ngaji Budaya Kidung Wahyu Kolosebo di halaman Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Kota Banjar, Senin (02/10/2017).

Baca Juga: Begini Kemeriahan Pagelaran Ngaji Budaya di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Banjar

Dengan adanya kegiatan kebudayaan khas daerah di sela-sela agenda Muharaman dalam rangka Haul Pendiri Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo, ia mengajak semua lapisan masyarakat, khusunya lembaga pendidikan pesantren, untuk menjaga tradisi yang lama dengan baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik.

“Acara kebudayaan di pesantren ini adalah wujud kecintaan kita terhadap budaya kita, tradisi kita yang sangat dianjurkan untuk dijaga dan dikembangkan dengan baik,” pungkasnya.

Diketahui, selain khataman baik Qur’an maupun kutubussalafiyah al-Mu’tabarah yangg sudah menjadi agenda tahunan di pesantren tersebut, penampilan wayang kulit oleh dalang Suwono, pembacaan Kitab Layang Syekh Abdul Qodir Jaelani oleh DR. Erik Krisna Yudha, budayawan Pangandaran, yang diiringi musik kecapi serta pembacaan Mocopat oleh para budayawan lokal di pesantren tersebut memeriahkan Haul pendiri Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo, KH. Abdurrohim. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -