Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita PangandaranBappeda Bahas Finalisasi Penyusunan RTRW Pangandaran

Bappeda Bahas Finalisasi Penyusunan RTRW Pangandaran

Pembahasan RTRW dengan Dirjen Kementrian ATR BPN RI di ruang rapat Bappeda Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pangandaran mengungkapkan pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pangandaran bersama Kasubdit wilayah Jawa dan Bali Dirjen Tata Ruang Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI sudah mencapai tahapan finalisasi penyusunan RTRW.

“Ada beberapa masukan terkait substansi dan penggambaran di petanya, terutama semua yang ada di Raperda itu harus tergambarkan di peta. Sehingga masih ada perbaikan-perbaikan,” ujar Kepala BAPPEDA Pangandaran melalui Kepala Bidang Insfrastruktur Asep Suhendar kepada Koran HR, Selasa (26/09/2017) lalu.

Asep mengaku, terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Dirjen Tata Ruang Kementrian ATR maupun BPN perihal finalisasi penyusunan RTRW Pangandaran. Sementara itu, ia mengungkapkan proses penyusunan RTRW sudah dimulai sejak tahun 2014 dengan Kementrian Pekerjaan Umum yang mana semuanya diketahui Bupati.

“Perubahan-perubahan sudah dibuat penyesuaiannya, hanya sifatnya minor seperti nama jalan, kawasan perkotaan, termasuk juga yang ada di semua kecamatan. Pada penggambaran peta belum kita sesuaikan, namun kita sedang menyamakan dari substansi ke dalam peta supaya sinkron,” jelasnya.

Soal target penyelesaian, Asep mengaku belum bisa memastikan secara pasti. Meski begitu, ia harap di tahun ini sudah bisa selesai. Menurutnya, tercapainya target tersebut tergantung pada pengambil kebijakan, yakni Bupati yang diteruskan ke DPRD, untuk membuat Perda.

“Sekarang pengambil kebijakannya sudah definitif semua. Tingal kita menunggu penyesuaian perbaikan dari kita setelah disesuaikan dengan provinsi dan pusat. Kemudian setelah itu baru dibahas oleh DPRD yang selanjutnya dibuat Perdanya,” terang Asep.

Sementara itu, Kasubdit Wilayah Jawa dan Bali Dirjen Tata Ruang Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) / BPN RI, Andri Hari Rochayanto, mengatakan, pihaknya kini tengah membantu proses penyusunan RTRW tersebut agar lebih cepat selesai. Sebab, Kementrian ATR/BPN sifatnya hanya memfasilitasi saja.

“Kementrian ATR sedang memprosesnya. Kita membantu prosesnya supaya makin cepat dan tidak ada hambatan. Pasalnya,  proses ini membutuhkan waktu,” kata Andri Hari Rochayanto pada Koran HR.

Andri menegaskan, target penyelesaian RTRW Kabupaten Pangandaran diusahakan secepat mungkin. Sebab, hal itu yang sangat ditunggu semua orang, terutama di derah.

“Saya yakin segenap jajaran Pemkab pasti sedang fokus menyelesaikannya. Dan kami juga fokus memfasilitasinya supaya target penyelesaiannya secepat mungkin selesai,” pungkas Andri. (Mad/R6/Koran HR)

- Advertisment -