Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita BanjarBesok KPU Banjar akan Umumkan 5 Besar Calon PPK yang Lolos Test...

Besok KPU Banjar akan Umumkan 5 Besar Calon PPK yang Lolos Test Wawancara

Saat salah satu calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat mengikuti test wawancara di Kantor KPU Kota Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sesuai PKPU No.01/2017 tentang Tahapan Pilkada serentak, KPU Kota Banjar, Jawa Barat, tengah melaksanakan tahapan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Sepuluh besar calon PPK dari masing-masing kecamatan telah mengikuti test wawancara pada tanggal 24-25 Oktober 2017, yang selanjutnya hasil lima besar akan diumumkan pada 28 Oktober besok.

“Hasil 10 besar yang mengikuti test wawancara ini diambil berdasar nilai tertinggi hasil test tertulis yang dilakukan hari Jum’at, tanggal 20 Oktober lalu,” kata Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Mukhlis, kepada HR Online, Kamis (26/10/2017).

Untuk test wawancara dihari pertama diikuti calon PPK dari Kecamatan Purwaharja dan Kecamatan Banjar, sedangkan hari keduanya calon PPK dari Kecamatan Langensari dan Kecamatan Pataruman.

Danial menjelaskan, bahwa test wawancara dilakukan untuk mengukur sejauh mana integritas, kapabilitas dan profesionalitas peserta sebagai calon PPK. Hal itu penting dilakukan pihaknya karena PPK merupakan kepanjangan tangan KPU yang berada di kecamatan.

“Jadi kami butuh anggota PPK yang tidak saja memiliki kemampuan teknis kepemiluan, namun juga memiliki integritas, kapabilitas, dan tentu saja profesionalitas,” ujarnya.

Adapun materi dalam test wawancara dibagi pada beberapa pokok, diantaranya soal kepribadian/integritas, pengetahuan umum tentang teknis kepemiluan, pengetahuan kewilayahan, serta klarifikasi terhadap tanggapan atau masukan masyarakat terhadap seluruh peserta, khususnya menggali soal keterlibatan mereka dalam partai politik.

“Hasil test wawancara 10 besar calon PPK dari setiap kecamatan ini akan diambil lima besar dan diumumkan pada tanggal 28 Oktober besok,” pungkasnya. (Nanks/R3/HR-Online)

- Advertisment -