Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis; Berkat Hujan, Delapan Ribu Hektar Lahan Selamat

Bupati Ciamis; Berkat Hujan, Delapan Ribu Hektar Lahan Selamat

 

Panen padi di Desa Kertaharja, Panumbangan dihadiri langsung Menteri Pertanian, Menteri BUMN, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi, dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Fhoto : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ancaman kekeringan yang melanda area pertanian seluas delapan ribu hektar di wilayah Kabupaten Ciamis, kini sudah berakhir. Ancaman kekeringan itu berakhir seiring datangnya musim penghujan.   

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, saat panen padi bersama tiga menteri, di Desa Kertaharja, Kecamatan Panumbangan, Senin (09/10/2017), mengaku bersyukur, datangnya musim penghujan menghapus ancaman kekeringan tersebut.

“Berkat (datangnya) hujan, lahan kami seluas 8.000 hektar akhirnya selamat dari ancaman kekeringan. Bantuan alat dan mesin pertanian dari pemerintah sangat dioptimalkan, untuk memenuhi target produksi padi 560 ribu ton,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun HR Online, Senin (09/10/2017), panen padi di Desa Kertaharja, Panumbangan dihadiri langsung Menteri Pertanian, Menteri BUMN, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi, dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Senin (09/10/2017), mengungkapkan, kegiatan panen padi tersebut menjadi salah satu bukti di wilayah lumbung padi Jawa Barat tidak terjadi paceklik.    

Menurut Amran, untuk mempercepat produksi padi, pemerintah berupaya memberikan bantuan alat mesin pertanian. Datangnya musim penghujan menjadi angin segara untuk produksi beras di Kabupaten Ciamis. (Deni/R4/HR-Online)