Rabu, Juni 29, 2022
BerandaArtikelCara Agar Tubuh Tetap Sehat Bagi Penggemar Berat Kopi

Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Bagi Penggemar Berat Kopi

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Kopi sudah terkenal dan populer sejak zaman dahulu di berbagai belahan dunia. Bahkan penggemar berat kopi pasti sudah mengetahui seperti kopi arabika, kopi robusta, kopi ekselsa, kopi liberika dan kopi Kolombia, serta kopi Toraja dari Indonesia.

Dari berbagai macam kopi yang ada di dunia ini tentu mempunyai cita rasa masing-masing, sesuai dengan selera dan favoritnya. Sehingga tak aneh jika minuman kopi hampir sejajar dengan teh dan air putih yang wajib di minum. Bahkan, tak sedikit penggemar berat kopi, meminum kopi sampai-sampai bisa mengalahkan air putih. Artinya perbandingan kopi dengan air putih lebih banyak kopinya.

Meski kopi ada kandungan vitamin dan nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh, akan tetapi jika diminum secara berlebihan tentu sangat tidak baik untuk kesehatan. Dikutip dari womenshealthmag.com, saat ini orang yang minum kopi bisa sampai 400 miligram atau kurang lebih 4 cangkir dalam satu hari.

Ahli kesehatan di Amerika Serikat, Jennifer Wider, M.D mengatakan, apabila minum kopi secara berlebihan akan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit, seperti psikis yaitu perasaan gelisah sampai depresi, detak jantung meningkat. Kopi juga dapat memicu pelepasan hormon yang mengakibatkan rasa khawatir secara berlebih.

Jennifer menyarankan, untuk penggemar berat kopi agar tidak terjadi hal tersebut, sebaiknya minum kopi dibarengi dengan air putih, atau kalau bisa air putih lebih banyak dari minuman kopi.

Hal itu untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, sehingga tubuh akan tetap terjaga dengan sehat, pikiran akan lebih tenang, serta meminimalisir risiko buruk gara-gara konsumsi kopi.

Selain itu, jaga atau perbaiki pola hidup, olahraga, pola makan serta istirahat. Atau kalau bisa kurangi minum kopi, cukup satu atau dua cangkir dalam satu hari, bisa pagi hari sebelum berangkat bekerja atau malam hari saat istirahat. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -