Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita PangandaranDi Pangandaran Baru 4 Parpol Lengkapi Sipol

Di Pangandaran Baru 4 Parpol Lengkapi Sipol

DPD PKS Kabupaten Pangandaran saat menyerahkan berkas persyaratan kepada KPUD Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pangandaran menyebutkan baru ada 4 partai politik (Parpol) yang telah mendapatkan tanda terima pemenuhan persyaratan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Ketua KPUD Pangandaran, Wiyono Budi, mengatakan, dalam rangka persiapan verifikasi Parpol jelang Pilres 2019, partai peserta pemilu diharuskan mendaftarkan data ke KPUD Pangandaran untuk menyamakan jumlah anggota, KTP ataupun KTA.

“Data tersebut apakah sudah sesuai Sipol atau tidak. Sementara untuk pemeriksaan verifikasi faktual dan lainnya nanti setelah 16 Oktober 2017,” katanya kepada HR Online, Minggu (15/10/2017).

Hingga saat ini, kata ia, empat Parpol yang sudah memenuhi persyaratan di antaranya PDI-P, Perindo, PAN dan PKS. Sementara untuk Parpol lainnya, masih belum lengkap dan sedang diperbaiki kembali.

“Yang belum lengkap dikembalikan lagi karena adanya kekurangan dan belum sesuai dengan apa yang menjadi syarat dari KPU. Selain itu, data yang kami terima ada yang tidak sesuai jumlah. Parpol yang belum lengkap seperti Hanura, Nasdem, dan PPP,” imbuh Wiyono.

Adapun Parpol lain seperti Golkar dan PKB, Wiyoso menyebutkan masih baru melakukan komunikasi dan konsultasi. Sementara pendaftaran Parpol ini berakhir pada Senin (16/10/2017) besok pukul 00.00 WIB.

“Kami harap Parpol yang belum mendaftarkan diri segera mendaftar supaya tidak bentrok ataupun berbarengan. Sebab, jika demikian akan merepotkan kami. Meski begitu, kami sudah menyiapkan antisipasi dan mudah-mudahan lancar,” pungkasnya.

Ketua DPD PKS Kabupaten Pangandaran, H. Endang Ahmad Hidayat, mengakui persyaratan Pemilu kali cukup sulit. Kendati demikian, pihaknya tidak mempersoalkan hal tersebut. Sebab, dalam berpolitik hal demikian sangat diperlukan untuk mendewasakan Parpol itu sendiri.

“Persyaratannya cukup sulit. Akan tetapi ini tidaklah menjadi permasalahan. Sebab ini untuk mendewasakan dalam berpolitik dan ini sangat diperlukan,” jelas Endang pada HR Online, Minggu (15/10/2017).

Endang menambahkan, pihaknya merasa bersyukur karena tidak ada perbaikan karena sudah sesuai dengan Peraturan KPU, baik dari jumlah maupun target itu sendiri.

“Alhamdulillah berkas pendaftaran dari PKS sudah sesuai dan diterima oleh KPU Pangandaran.  Kita tinggal menunggu verifikasi faktualnya saja. Mudah-mudahan lancar,” pungkas Endang.

Dari informasi yang diterima HR Online, PAN pada pukul 09.40 WIB, Minggu (15/10/2017) menyerahkan berkas. Setelah dicek, terdapat kekurangan dan kemudian dilakukan perbaikan pada jam yang sama. Adapun hasilnya yaitu Sipol sebanyak 888, KTA 888 dan KTP 888 dan berkas dinyatakan diterima KPUD Pangandaran.

Pada pukul 11.40 WIB, Partai Hanura menyerahkan berkas dengan Sipol sebanyak 514, KTA 453 dan KTP 452. Adapun berkas Partai Hanura dikembalikan oleh KPUD. Sementara itu, pada pukul 14.30 WIB PKS menyerahkan berkas Sipol sebanyak 792, KTA 792 dan KTP sebanyak 792. Berkas tersebut dinyatakan diterima KPUD.

Sedangkan PPP, pada pukul 14.48 WIB menyerahkan berkas Sipol sebanyak 930, KTA 902 dan KTP 902. Adapun hasilnya berkas tersebut dikembalikan oleh KPUD. Pada waktu yang sama, PKB melakukan konsultasi ke KPUD. Data dari KPUD, berkas yang diterima pendaftarannya dan menerima Tanda Terima (TT) dari KPUD di antaranya PDI-P, Perindo, PAN dan PKS. (Mad/R6/HR-Online)

- Advertisment -