Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita BanjarDiskominfo Banjar Himbau Masyarakat Bijak Bermedia Sosial

Diskominfo Banjar Himbau Masyarakat Bijak Bermedia Sosial

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di tengah derasnya arus informasi melalui media internet, terutama media sosial yang membuat orang bebas berekspresi, termasuk bebas membagikan suatu informasi sekalipun yang menyebarkan belum mengetahui secara pasti fakta sebenarnya.

Melihat fenomena tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar menghimbau pengguna media sosial di Banjar untuk lebih selektif dan hati-hati dalam bermain dunia maya.

“Jangan sampai sembarangan membagikan berita, foto, gambar maupun video yang kita belum tahu persis faktanya,” himbau Sahudi, Plt. Diskominfo Banjar, kepada HR Online, Rabu (25/10/2017).

Menurutnya, Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) menyasar bukan hanya kepada pembuat informasi, akan tetapi berlaku juga kepada penyebarnya.

“Jadi siapapun yang menggunakan jejaring sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Twitter serta lainnya jangan sampai asal-asalan menggunakannya. Pasalnya, semua diatur dalam UU No. 19 Tahun 2019 atas perubahan UU No. 18 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” paparnya.

Sahudi berharap, penggunaan media sosial saat ini untuk digunakan hal-hal yang bermanfaat, seperti bisnis, menambah pengetahuan, meningkatkan silaturahim serta hal positif lainnya.

“Paling penting jangan sampai tergelincir dalam penggunaannya, prioritaskan etia bermedia sosial, cek terlebih dahulu kebenaran informasinya sebelum dibagikan. Bahkan, kami himbau untuk berhati-hati mengunggah hal-hal maupunn data yang bersifat pribadi,” pungkasnya. (Tsabit/R6/HR-Online)

- Advertisment -