Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita CiamisDPUPRP Ciamis Berencana Lakukan Penataan Trotoar

DPUPRP Ciamis Berencana Lakukan Penataan Trotoar

Salah satu kondisi trotoar yang berada di wilayah perkotaan Ciamis. Foto: Dokumen HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis saat ini berencana melakukan penataan trotoar jalan di wilayah perkotaan Ciamis. Hal itu menindaklanjuti alihfungsi trotoar yang selama ini banyak terjadi di sejumlah titik.

Kepala Bidang Keciptakaryaan, Anton, ketika ditemui Koran HR, Selasa (26/09/2017), membenarkan hal itu. Bahkan menurut dia, pihaknya sudah melakukan pengukuran kembali panjang trotoar yang ada.

“Keberadaan trotoar memang sangat vital sekali, terlebih itu menjadi media untuk para pejalan kaki atau bagi warga yang tidak menggunakan kendaraan. Akan tetapi setelah dilakukan pengukuran, banyak trotoar yang sudah beralihfungsi,” ungkapnya.

Anton menegaskan, dalam persoalan ini memang harus semua pihak memberikan peran, sehingga trotoar dapat digunakan sesuai fungsinya. Jangan sampai ketika trotoar beralih fungsi, yang tahu aturan malah membiarkannya.

“Kami hanya melakukan penataan saja. Adapun pelanggaran terhadap pengalihfungsian trotoar, jelas itu tugas Satpol PP dalam melakukan penertiban terhadap PKL. Kami serahkan kepada Satpol PP untuk melakukan penertiban,” jelasnya.

Selain mengukur trotoar yang kini sudah beralih fungsi, Anton menambahkan pihaknya juga melakukan pengukuran di sejumlah titik trotoar yang mengalami kerusakan dan berpotensi membahayakan penjalan kaki.

“Banyak trotoar yang perlu penataan, makanya kami terus melakukan pengukuran. Nantinya akan diperbaiki. Dan yang masih bagus dilakukan pemeliharaan supaya kondisin trotoar tetap baik. Dengan begitu, pejalan kaki bisa dengan nyaman menggunakan trotoar,” katanya.

Pada kesempatan itu, Anton meminta seluruh warga Ciamis supaya bisa menjaga keberadaan trotoar. Pihaknya juga sudah menyampaikan imbauan kepada pelanggar yang menggunakan trotoar untuk kepentingan pribadi. (Es/Koran HR)

- Advertisment -