Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita CiamisGotroy Pelebaran Jalan Usaha Tani, Kades Purwayaja Ciamis Terjun Langsung Bersama Warga

Gotroy Pelebaran Jalan Usaha Tani, Kades Purwayaja Ciamis Terjun Langsung Bersama Warga

Kepala Desa Purwajaya, Abdul Kholid N, bersama warganya tengah melakukan gotong-royong pelebaran jalan usaha tani di Dusun Sindangrasa. Foto: Eva/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Selama bulan September 2017, Pemerintah Desa Purwajaya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, telah melaksanakan sejumlah kegiatan di luar program yang didanai oleh Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan bantuan dana lainnya.

Kegiatan tersebut diantaranya pelebaran jalan usaha tani di wilayah Dusun Sindangrasa. Dalam pengerjaannya, pelebaran jalan usaha tani sepanjang 300 meter itu dilakukan secara gotong-royong dengan melibatkan warga dari Dusun Sindangrasa sendiri dan dibantu oleh warga Dusun Sindangkasih.

Kepala Desa Purwajaya, Abdul Kholid N, mengatakan, dilibatkannya warga Dusun Sindangkasih karena jalan tersebut juga kerap dilalui oleh warga Sindangkasih. Sehingga, mereka sepakat untuk membantu bergotong-royong dalam pengerjaan pelebaran jalan.

“Jalan usaha tani ini dulunya memang lebar. Namun, semakin sini jadi semakin kecil karena setiap masuk masa tanam, para petani mencangkul bagian pinggir jalan tersebut, sehingga lama-lama jadi menyempit, bahkan sudah tidak bisa dilalui oleh traktor,” terangnya, kepada Koran HR, saat ditemui Jum’at (29/09/2017) lalu.

Atas kondisi demikian, lanjut Abdul, maka warga pun sepakat bergotong-royong melakukan pelebaran jalan. Jalan usaha tani itu diperlebar 2,5 meter, tujuannya tiada lain untuk menunjang kelancaran aktifitas pertanian warga.

Untuk kegiatan selanjutnya yaitu, penyerahan bantuan 40 ribu ekor ikan mujair dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, kepada kelompok budidaya ikan (Pokdakan) Sidomulih di Rawa Ilat, Dusun Sindangkasih.

Kemudian, pihaknya juga mengirimkan TP PKK Desa Purwajaya dalam kegiatan bina wilayah (Binwil) PKK se-Kecamatan Purwadadi, bertempat di Desa Padaringan. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis bersama timnya. (Eva/Koran HR)

- Advertisment -