Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita BanjarJalan Santai Meriahkan Peringatan Hari Santri dan Sumpah Pemuda di Banjar

Jalan Santai Meriahkan Peringatan Hari Santri dan Sumpah Pemuda di Banjar

Kemeriahan jalan santai santri yang digelar keluarga besar Nahdlatul Ulama Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ribuan masyarakat Kota Banjar antusias mengikuti jalan santai santri dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang berlangsung di Kota Banjar, Minggu (29/10/2017). Acara yang berpusat di gedung PC NU Kota Banjar di Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, dalam acara tersebut juga digelar istighosah kubro yang dipimpin langsung Mustasyar PC NU Kota Banjar, KH. Munawir Abdurrohim. 

Rois Syuriah PC NU Kota Banjar, KH. Mu’in Abdurrohim, menyampaikan, peringatan HSN sekaligus sumpah pemuda di gedung PC NU Banjar diharapkan menjadi do’a warga Nahdliyin agar proses pembangunan bisa berjalan lancar dan bisa dinikmati oleh semuanya, terlebih untuk berbagai kegiatan.

“Ini bentuk syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan PC NU kemampuan membeli sebidang tanah untuk pembangunan gedung PC NU. Semoga pada peringatan HSN dan sumpah pemuda ini proses pembangunan semakin lancer dan berkah,” ujarnya dalam sambutan. 

Peringatan HSN, KH. Mu’in menambahkan, merupakan refleksi warga Nahdliyin terhadap perjuangan para ulama, khususnya Syekh Hasyim Asy’ari yang mendeklarasian Resolusi Jihad sebagai tonggak semangat para santri melawan penjajah demi memepertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita berharap peringatan HSN dan sumpah pemuda ke depannya semakin menambah keberkahan bagi kita, terutama kedamaian Indonesia,” kata ia. 

Menyanyikan lagu Ya Lal Wathon sebelum istighosah. Foto: Muhafid/HR 

Berdasarkan informasi yang diterima HR Online, proses pembangunan gedung PC NU Kota Banjar akan kembali dilanjutkan sekitar bulan Desember 2017 atau Januari 2018 dengan bantuan yang telah diterima sebanyak Rp. 500 juta. 

Sementara itu, Ketua Panitia, Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, menyampaikan, acara yang diselenggarakan tersebut diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat Kota Banjar, seperti dari santri pondok pesantren, Madrasah Diniyah, DKM, mahasiswa, banom NU, pemerintah maupun tokoh masyarakat setempat. 

“Dari kegiatan jalan santai santri ini para peserta mendapatkan berbagai hadiah dari panitia setelah diundi di penghujung acara, yakni setelah istighosah. Mudah-mudahan antusias masyarakat Kota Banjar dalam memperingati Hari Santri Nasional ini menjadi motivasi untuk senantiasa terus menggelorakan ajaran ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyyah serta semangat menjaga keutuhan NKRI,” tegasnya. (Muhafid/R6/HR-Online

- Advertisment -