Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita BanjarLampu PJU Rusak, Jalan Siliwangi Banjar Rawan Kecelakaan

Lampu PJU Rusak, Jalan Siliwangi Banjar Rawan Kecelakaan

Sejumlah lampu Penerang Jalan Umum (PJU) yang terpasang di Jalan Siliwangi, tepatnya di wilayah Lingungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, sudah satu minggu ini padam. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan, membuat sejumlah lampu Penerang Jalan Umum (PJU) di Kota Banjar mengalami kerusakan. Akibatnya, jalan menjadi gelap pada malam hari dan rawan kecelakaan lalu lintas.

Seperti yang terjadi di Jalan Raya Siliwangi, tepatnya di Lingkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Menurut keterangan sejumlah warga setempat dan pengguna jalan, lampu PJU di jalan nasional tersebut padam sejak seminggu yang lalu.

“Kurang lebih ada lima titik lampu PJU yang padam di jalan ini, jika malam hari jalan menjadi gelap dan rawan kecelakaan lalu lintas,” kata Ikbal (32), warga Lingkungan Cikadu, kepada Koran HR, Selasa (10/10/2017) lalu.

Hal yang sama dikatakan warga lainnya, Egi Herlan (38), bahwa dirinya sering kali dihinggapi rasa takut jika melintasi jalan tersebut pada malam hari, karena kondisi jalan sangat gelap. Selain itu, lubang-lubang kecil di tengah jalan pun menyebar di ruas jalan nasional ini.

“Selain gelap, di jalan ini terdapat beberapa lubang kecil, sehingga rawan kecelakaan lalu lintas, terlebih setelah pada malam Minggu kemarin terjadi tabrakan antara motor dengan sebuah mobil sedan,” ungkap Egi.

Sobur (52), salah satu penarik ojek, mengaku dirinya pernah menolong seorang perempuan yang terjatuh dari motor persis di jalan yang gelap ini. Kejadiannya malam Senin kemarin, saat perempuan tersebut pulang kerja dari sebuah pabrik kayu di Panulisan, Kabupaten Cilacap. Namun, ketika melintas di lokasi itu ia terjatuh akibat ban sepeda motornya menginjak lubang jalan, katanya.

“Meski rawan kecelakaan lalu lintas, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan ada perbaikan PJU dari pihak pemerintah,” ujar Sobur.

Atas kondisi demikian, warga meminta kepada Pemkot Banjar melalui instansi terkaitnya untuk segera memperbaiki lampu PJU yang rusak. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan maupun masyarakat setempat. (Hermanto/Koran HR)

- Advertisment -