Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita PangandaranMasjid dan Madrasah di Pangandaran Ini Diterjang Longsor

Masjid dan Madrasah di Pangandaran Ini Diterjang Longsor

Masjid Nurul Falah di Dusun Karangtawang, RT 19 RW 06, Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang yang jebol akibat diterjang longsoran tanah. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Pangandaran mengakibatkan dinding sebuah masjid dan sekolah PAUD di Dusun Karangtawang, RT 19 RW 06, Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang jebol akibat diterjang longsoran tanah.

Menurut Kepala Desa Emplak, Herna, bahwa kejadian tersebut berawal saat hujan terus mengguyur wilayahnya. Karena kondisi tanah yang labil, pukul 01.00 WIB, Selasa (17/10/2017) , madrasah yang digunakan sekolah PAUD tersebut ambruk rata dengan tanah setelah diterjang material longsor.

“Pada jam 06.00 WIB disusul longsoran tanah yang menjebol dinding masjid. Berutung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan kami langsung melaporkannya ke DPKPBD Pangandaran,” katanya.

Sementara itu, Bidang Logistik DPKPBD Pangandaran, Jajang, membenarkan kejadian tersebut terjadi di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang. Mendapat laporan tersebut, ia langsung bergerak bersama petugas dari DPKPBD Pangandaran dibantu relawan FKDM Pangandaran untuk membersihkan puing-puing reruntuhan madrasah dan material tanah yang masuk ke masjid Nurul Falah itu.

Selain di Desa Emplak, Jajang menambahkan, sebuah rumah di Dusun Empangsari, RT 01 RW 07, Desa/Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran milik Endos Anwar diterjang air bah dari tebing belakang rumahnya. Akibatnya, rumah tersebut ambruk.

“Beruntung rumah yang dihuni 3 orang itu tidak ada korban jiwa. Kita langsung ke lokasi bersama relawan membersihkan puing-puing dan memberikan bantuan logistik kepada korban,” katanya. (Mad/Koran HR)

- Advertisment -