Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita PangandaranMensos Terapkan Kampung Siaga Bencana di Kalijati Pangandaran

Mensos Terapkan Kampung Siaga Bencana di Kalijati Pangandaran

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana di Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Selain mengunjungi lokasi bencana dan memberikan bantuan kepada korban,  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bakal menerapkan program Kampung Siaga Bencana (KSB) di Dusun Sangkan Bawang Desa Kalijati.

Format kampung tersebut, Khofifah menjelaskan para pemuda dan masyarakat akan dilatih khusus tentang mitigasi kebencanaan. Sebab, di daerah tersebut merupakan daerah rawan bencana longsor, sehingga diperlukan adanya kewaspadaan sejak dini.

“Tujuan dari KSB ini adalah untuk membangun kemandirian masyarakat dalam mendeteksi dini dan antisipasi hal-hal tentang kebencanaan,” jelas Khofifah yang juga Ketua Umum Muslimat NU.

Berdasarkan data dari BNPB, lanjut Khofifah, terdapat 323 kabupaten/kota yang berpotensi rawan terhadap bencana, termasuk Kabupaten Pangandaran. Karena itu, pembentukan KSB sangat efektif terhadap masyarakat di daerah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan.

“Tentunya dengan ini kita berharap bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerugian secara materi,” pungkas Khofifah.

Di lokasi yang sama, Bupati Jeje Wiradinata, mengaku sangat menyayangkan adanya berita hoax tentang bencana di Pangandaran, terutama foto-foto yang telah menyebar secara berantai melalui media sosial Facebook. “Pesan yang disampaikan Ibu Menteri dari Pak Presiden siap kami laksanakan,” singkatnya. (Mad/ R6/Koran HR)

- Advertisment -