Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisPanitia Wisuda STIKes Muhammadiyah Ciamis Usir Wartawan, Aep; Bisa Dipidanakan

Panitia Wisuda STIKes Muhammadiyah Ciamis Usir Wartawan, Aep; Bisa Dipidanakan

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah wartawan dari berbagai media menyoal sikap arogansi oknum panitia wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis setelah mereka mengusir wartawan yang akan meliput kegiatan wisuda di Gedung Islamic Center Ciamis, Selasa (10/10/2017).

Ayu Yuliana, wartawan dari salah satu media mengatakan, peristiwa tersebut bermula saat dirinya bersama wartawan lain datang ke lokasi wisuda untuk melakukan kegiatan peliputan.

Sebelum itu, ia mengaku telah meminta izin terlebih dahulu dan menyampaikan bahwa dirinya dan teman-temannya dari media yang akan melakukan tugas peliputan. Sayangnya, usai meminta izin tiba-tiba datang salah seorang oknum panitia yang langsung mengusirnya.

“Dia bilang, mbak anda tidak bisa meliput kegiatan ini karena sudah ada tukang photo dari panitia,” kata ia sambil menirukan saat peristiwa pengusiran itu terjadi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bidang Advokasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Kabupaten Ciamis, Banjar dan Pangandara, Aep Saepuloh, menegaskan pihaknya sangat menyayangkan hal tersebut. Sebab, berdasarkan Undang-undang pers pasal 4 ayat 2 dan 3 menyebutkan setiap orang dengan sengaja melakukan tindakan yang dapat menghambat atau menghalangi upaya media untuk mencari dan mengolah informasi dapat dipidanakan.

“Dalam aturan tersebut, pidananya 2 tahun penjara atau denda paling banyak Rp. 500 juta,” kata Aep.

Karena peristiwa pengusiran wartawan tersebut, Aep selain menyayangkan juga mempertanyakan kegiatan wisuda tersebut hingga adanya pengusiran wartawan yang akan melakukan peliputan.

“Jadi, seolah-olah ada yang disembunyikan dalam wisuda tersebut yang mana takut untuk dipublikasikan kepada masyarakat,” pungkasnya. (R6/HR-Online)

- Advertisment -