Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita BanjarPanwaslu Banjar Ajak Kalangan Santri Terlibat dalam Pengawasan Pilkada 2018

Panwaslu Banjar Ajak Kalangan Santri Terlibat dalam Pengawasan Pilkada 2018

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjar saat melakukan sosialisasi Pengawasan Partisipatif terhadap para santri pewakilan dari sejumlah ponpes yang ada di Kota Banjar. Photo: Tsabit AH/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan peran partisipasi masyarakat dalam pengawasan pesta demokrasi tahun 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjar, terus bergerilya melakukan sosialisasi kepada semua kalangan. Termasuk mengajak para santri untuk turut andil terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan pesta demokrasi.

Hal itu terlihat dalam sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang diselenggarakan Panwaslu Kota Banjar, di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusda’I), Senin (30/10//2017), dan diikuti para santri perwakilan dari sejumlah pondok pesantren yang ada di Kota Banjar.

Ketua Panwaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, mengatakan, pihaknya akan mengajak semua lapisan masyarakat, termasuk kalangan santri untuk terlibat dalam pengawasan.

“Santri juga merupakan bagian dari lapisan masyarakat yang harus memiliki kontribusi terhadap pengawasan, sehingga membantu kelancaran pesta demokrasi nantinya,” ujar Irfan.

Pihaknya meyakini para santri mau ikut aktif melakukan dan menginisiasi pengawasan dalam Pemilu, termasuk berani melaporkan jika ada pelanggaran. Dalam acara sosialisasi itu, mereka diberikan materi tentang pengawasan, pencegahan pelanggaran, dan penanganan pelanggaran di dalam penyelenggaran Pilkada, baik Pilwalkot maupun Pilgub.

“Mudah-mudahan Pilkada Kota Banjar dan Pilgub bisa kita sukseskan bersama, baik dari angka partisipasi maupun jumlah pelanggaran yang bisa ditekan,” harap Irfan. (Tsabit/R3/HR-Online)

- Advertisment -