Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita BanjarPemdes Mulyasari Banjar Realisasikan DD Tahap II TA 2017

Pemdes Mulyasari Banjar Realisasikan DD Tahap II TA 2017

Kepala Desa Mulyasari saat memantai pengerjaan kegiatan pengaspalan di Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com

Pemerintah Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, merealisasikan Dana Desa (DD) tahap kedua di tahun anggaran 2017 untuk sejumlah kegiatan, di antaranya pengaspalan di tiga titik, di Dusun Sukamaju, Rancakole dan Margaluyu.

Kepala Desa Mulyasari, Wawan Gunawan, melalui Sekdes Mulyasari Ari, mengatakan, DD sudah masuk rekening, akan tetapi belum dicairkan. Sebab, saat ini pengerjaan terlebih dahulu dan setelah pekerjaan selesai baru bisa dicairkan. Sementara itu, untuk proses pengerjaan diserahkan ke pihak ketiga.

“Jadi untuk dua dari DD kita priotitaskan untuk pengaspalan di sejumlah titik yang ada di Desa Mulyasari,” kata Ari saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/10/2017) lalu.

Sementara untuk pemberdayaan, Ari menambahkan, yakni mengadakan pelatihan pengembangan untuk pengrajin telur asin yang diambil dari DD tahap kedua. Kebetulan pergerakan usaha tersebut cukup bagus.

“Kita hanya itu saja karena pengajuan dari masyarakat seperti itu. Kita memilih kesiapan masyarakat untuk mendapatkan pelatihan. Kalau masyarakat siap, kan jadi tidak sia-sia pemeberdayaan ini,” imbuhnya.

Untuk alokasi bidang fisik di tahap kedua dari DD, diantaranya betonisasi halaman Kantor Desa Mulyasari yang dilapisi aspal. Selain itu, pembangunan jalan kip yang tersebar di sejumlah titik yang ada di tiga dusun.

“ADD tahap ketiga kita menunggu perubahan APBDes yang mana sambil menunggu SK Walikota soal perubahan. Nanti pelaksanaan di tahap ketiga di antaranya bersumber dari BHRD, BHPR dan juga ADD. Kalau DD hanya sampai tahap dua saja,” jelasnya.

Terakhir, Ari menyebutkan pihak desa optimis pekerjaan pembangunan fisik secara keseluruhan ditergetkan bulan November 2017 bisa selesai. Untuk sisanya, yakni non fisik, akan dikerjakan kegiatan yang bersifat rutin seperti Pokja Posyandu, PKK, LPM, Karang Taruna hingga akhir Desember 2017. (Muhafid/Koran HR)

- Advertisment -