Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita BanjarPergantian Musim, BPBD Banjar Ingatkan Warga Waspadai Bahaya Ini

Pergantian Musim, BPBD Banjar Ingatkan Warga Waspadai Bahaya Ini

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada saat memasuki pergantian musim atau masa transisi, dari kemarau ke musim hujan.

Kepala BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman, mengatakan, melihat kondisi demikian, biasanya pada masa transisi peralihan musim ini kerap dibarengi dengan bencana alam dan munculnya potensi wabah penyakit.

“Biasanya pada masa transisi seperti ini diawali dengan suhu cuaca berubah menjadi lebih panas, disertai datangnya awan gelap secara mendadak dan disertai hujan,” terangnya, kepada Koran HR, Senin (02/10/2017).

Lanjut Yayan, pada awal memasuki musim penghujan biasanya akan timbul potensi wabah penyakit, seperti halnya penyakit demam berdarah (DBD) akan berkembang sangat pesat. Potensi penyakit saluran pernapasan, seperti pilek atau batuk, juga akan relatif meningkat pada masa pergantian musim.

Pihaknya pun menghimbau agar masyarakat harus mulai mewaspadai dan membersihkan tempat-tempat yang dapat digenangi air, karena hal itu akan menjadi tempat pertumbuhan nyamuk penyebab DBD.

Dirinya juga meminta agar seluruh warga Kota Banjar, terutama mereka yang berada di daerah rawan bencana, untuk selalu waspada terhadap munculnya bencana banjir, longsor dan serangan angin puting beliung.

Guna mengantisipasi hal itu, pihak BPBD Kota Banjar akan terus meningkatkan kesiagaannya. Sehingga, jika terjadi musibah maka petugas dan sarana yang dibutuhkan dalam menanggulangi bencana sudah siap dan tidak sampai kerepotan. (Tsabit/R3/Koran-HR)

- Advertisment -