Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BanjarPeringati Sumpa Pemuda, YRBK Banjar Gelar Safari Literasi ke-57 di Dua Sekolah

Peringati Sumpa Pemuda, YRBK Banjar Gelar Safari Literasi ke-57 di Dua Sekolah

YRBK Banjar saat memberikan motivasi literasi di SMK Hikmah Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Kota Banjar terus melakukan kunjungan ke berbagai sekolah untuk memotivasi budaya literasi para pelajar. Dalam momen peringatan sumpah pemuda, di kunjungannya yang ke-57, YRBK menyambangi dua sekolah, SMKN 3 Banjar dan SMK Hikmah, Sabtu (28/10/2017).

Sofian Munawar, Pendiri YRBK, menyampaikan, bahwa refleksi sumpah pemuda yang berlangsung puluhan tahun silam tidak bisa dipungkiri digagas oleh orang-orang literat, yakni para intelek yang juga melek terhadap berbagai ilmu pengetahuan. Karena itu, ia mengajak para siswa mengambil makna sumpah pemuda salah satunya dengan saling memotivasi untuk pengembangan budaya literasi, khususnya di sekolah.

“Generasi muda saat ini harus mencontoh para pendahulu kita yang literat, seperti Bung Karno, Bung Hatta, Bung Syahrir ataupun lainnya. Konteks hari ini, seyogyanya para pelajar diharapkan mengembangkan budaya literasi di sekolah demi kemajuan bangsa Indonesia yang lebih baik ke depannya,” tegas Sofian.

Menanggapi hal tersebut, salah satu guru Bahasa Indonesia di SMK Hikmah Banjar, Elis Nurhasanah, menyambut baik kunjungan YRBK dalam rangka safari literasi tersebut. Menurutnya, budaya literasi sangat penting bagi para pelajar maupun para guru serta masyarakat lainnya untuk mendongkrak kemajuan bangsa. Sebab, melalui budaya tersebut jendela dunia bisa diraih.

“Kita sangat menyambut baik gerakan literasi ini. Ke depan kita akan ajak siswa siswi di tiap kelas untuk menjalankan kegiatan literasi setiap harinya, minimalnya membaca sebelum kegiatan belajar berlangsung,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -