Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita BanjarPeringati Sumpah Pemuda, KPUD Gelar Sosialiasi Kepemiluan di SMKN 3 Banjar

Peringati Sumpah Pemuda, KPUD Gelar Sosialiasi Kepemiluan di SMKN 3 Banjar

KPUD Banjar bersama YRBK saat berada di SMKN 3 Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Banjar melakukan sosialisasi kepemiluan kepada siswa-siswi SMKN 3 Banjar yang bertepatan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP), Sabtu, (28/10/2017). Tak hanya itu, KPUD Banjar bersama Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) juga memberikan motivasi untuk mengembangkan budaya literasi di sekolah.

Di hadapan ratusan siswa SMKN 3 Banjar, Ketua KPUD Banjar, Dani Danial Muklis, menyampaikan pentingnya peran para pelajar yang mana sebagai pemilih pemula dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung di Banjar, baik Pilkada maupun Pilgub di tahun 2018.

“Bagi yang sudah berusia 17 tahun dan sudah melakukan perekaman identitas, E-KTP, diharapkan dapat memberikan suaranya ke TPS nanti dalam memilih pemimpin Kota Banjar dan juga Gubernur Jabar,” kata Dani.

Selain itu, Dani juga menghimbau kepada para siswa untuk bersama-sama mengawal pesta demokrasi agar berjalan lancar dan damai serta mengajak Pemilu yang sehat.

“Mari kita jadikan Pemilu 2018 nanti lebih sehat. Hal itu supaya pemimpin yang kita pilih sesuai dengan harapan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sofian Munawar, Pendiri YRBK Banjar, menyampaikan, bahwa pihaknya terus mengajak para pelajar dari berbagai tingkatan untuk meningkatkan budaya literasi, khususnya di Kota Banjar. Ia yakin, dengan bermodalkan kemauan melalui literasi, berbagai persoalan bangsa dapat diselesaikan.

“Dalam momen sumpah pemuda ini, kita dapat mengambil makna bahwa para pendulu kita tidak serta-merta mendeklarasikan sumpah pemuda tanpa adanya jiwa literat yang dimilikinya. Akan tetapi, mereka tergugah jiwanya membangun bangsa lantaran memiliki jiwa literat yang tinggi. Maka dari itu, berbagai persoalan yang dihadapi, terutama di Banjar, salah satunya bisa selesai dengan menumbuhkan budaya literasi,” tegasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -