Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita Ciamis(Pilkada Ciamis) Herdiat Puji Kemajuan Pangandaran

(Pilkada Ciamis) Herdiat Puji Kemajuan Pangandaran

Herdiat saat resmikan Gedung Majelis Taklim At-Taqwa. Foto: Dian Sholeh/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bakal Calon Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, meresmikan Gedung majelis taklim At-Taqwa yang dibangun diatas tanah wakaf, di Dusun Saguling Kolot, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (09/10/2017) lalu.

Dalam sambutannya, Herdiat mengaku bangga kepada masyarakat Saguling yang secara gotong-royong telah membangun gedung majelis taklim tersebut. Menurut dia, saat ini kebersamaan atau gotong-royong sangat diperlukan di masyarakat.

“Gotong Royong ini tentunya harus terus dipelihara, bagaimana pun beratnya kalau ada gotong-royong dari masyarakat maka akan bisa selesai,” ujarnya.

Herdiat berharap, gedung yang suda dibangun tersebut dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan syiar islam. Syiar islam itu termasuk dalam hal pembinaan mental dan rohani generasi muda agar memiliki akhlak.

Terkait persiapan menghadapi Pilkada, Herdiat mengaku memiliki niat untuk melakukan perubahan untuk Ciamis yang lebih baik dan sejahtera. Menurut dia, peluang untuk mensejahterakan masyarakat sangat terbuka lebar.

Salah satu upaya merealisasikan hal itu, Herdiat ingin menghilangkan angka pengangguran di Kabupaten Ciamis. Dengan kata lain, jika angka pengangguran bisa diatasi, maka angka kemiskinan yang jumlahnya 66.000 ribu bisa berkurang.

“Ciamis sebenarnya memiliki banyak potensi. Kita ini penghasil kopi. Bahkan tiap tahunnya sampai 700 Ton. Selain itu, Ciamis juga penyuplai ayam terbanyak di Jabar. Tapi peternak hanya bisa beli DOC dan pakan, ayam dipelihara lalu dijual. Kalau seandainya itu bisa dimanfaatkan dengan membangun pabrik, yang bahan bakunya dari ayam, baik untuk sosis ataupun yang lainnya, maka akan bisa mengurangi angka pengangguran,” katanya

Lebih lanjut, Herdiat memuji kemajuan di Kabupaten Pangandaran. Walaupun APBD Pangandaran hanya Rp. 1.8 triliyun atau berada dibawah APBD Ciamis yang mencapai Rp. 2.4 triliun. Akan tetapi Pangandaran bisa memanfaatkannya untuk kepentingan rakyat. Salah satunya yaitu menggratiskan Raskin dan biaya sekolah mulai dari SD sampai SMP.

Herdiat juga mengapresiasi program ajengan masuk sekolah (AMS) di Pangandaran. Pasalnya, kyai diberi kesempatan waktu untuk memberikan pembinaan rohani kepada para siswa di sekolah. Termasuk juga mengapresiasi peningkatan kesejahteraan guru madrasah dan diniyah.

“Program seperti ini juga bisa diterapkan di Tatar Galuh. Untuk itu, semangat ini yang memantapkan niat untuk melakukan perubahan di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pembangunan, Sanjo, ketika ditemui Koran HR, Senin (09/10/2107) lalu, menuturkan, gedung yang dibangun di atas tanah wakaf tersebut merupakan sumbangan dari salah seorang warga.

Berkaitan dengan Pilkada, Sanjo mengaku mendukung sepenuhnya niat baik Herdiat untuk mencalonkan diri menjadi Bupati di Tatar Galuh. Selain asli putra Ciamis, Herdiat juga memiliki keinginan kuat untuk Ciamis lebih baik. (DSW/Koran HR)

- Advertisment -