Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita Ciamis(Pilkada Ciamis) Kubu Iing Tegaskan Memobilisasi PD Golkar untuk Konsolidasi Internal

(Pilkada Ciamis) Kubu Iing Tegaskan Memobilisasi PD Golkar untuk Konsolidasi Internal

Bakal Calon Bupati Ciamis incumbent, Iing Syam Arifin, bersama pendukungnya saat melakukan pendaftaran calon bupati Ciamis di Partai Golkar, beberapa waktu lalu. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Adanya gerakan memobilisasi Pengurus Desa (PD) Partai Golkar yang dilakukan kader Golkar pendukung Bakal Calon Bupati Ciamis incumbent, Iing Syam Arifin, tampaknya tidak dibantah oleh Fungsionaris DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis, Kuncoro Jati Suroso. Menurutnya, gerakan itu bukan mengintervensi pengurus PD Golkar untuk mengalihkan surat dukungan, tetapi sebagai gerakan konsolidasi di internal partai setelah DPP Partai Golkar menetapkan Iing Syam Arifin sebagai Calon Bupati Ciamis.

“Saya tidak habis pikir kalau ada Ketua PK Golkar menuding kami tengah menggalang surat dukungan atau mengintervensi pengurus PD Golkar untuk mengalihkan surat dukungan. Masa sih Ketua PK Golkar belum tahu surat rekomendasi DPP Golkar sudah jatuh ke tangan Pak Iing Syam Arifin? Kalau Pak Iing sudah dapat rekomendasi, ngapain lagi mencari surat dukungan,” kata Kuncoro yang juga kader Golkar pendukung Iing Syam Arifin, kepada HR Online, Senin (01/10/2017).

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Kubu Iing Bantah Ada Pemalsuan Surat Dukungan PD Golkar

Kuncoro menambahkan, seluruh tahapan penjaringan calon bupati Ciamis di Partai Golkar sudah selesai. Hal itu setelah DPP Partai Golkar melalui surat penetapan no 1297/G/IX/2017 tertanggal 6 September 2017 menetapkan Iing Syam Arifin sebagai calon bupati Ciamis yang diusung Partai Golkar.

“Terus sekarang saya balik tanya kepada mereka, surat dukungan dari pengurus PD itu untuk apa? Untuk dapat rekomendasi DPP Golkar kan. Kalau sudah dapat rekomendasi, apa butuh lagi surat dukungan? Makanya saya heran masalah surat dukungan masih diperdebatkan,” katanya.

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Kader Golkar Kubu Iing Diminta Berhenti Galang Dukungan ke PD

Menurut Kuncoro, alasan kader Golkar pendukung Iing Syam Arifin berinisiatif mengumpulkan pengurus PD, adalah sebagai langkah konsolidasi untuk kembali merapatkan barisan setelah sebelumnya terjadi faksi di internal partai karena adanya dukung- mendukung bakal calon bupati sepanjang proses penjaringan.

“Setelah proses penjaringan selesai dan rekomendasi jatuh ke tangan Pak Iing Syam Arifin, tentunya kami perlu melakukan konsolidasi di internal partai, terutama menemui struktur partai yang sebelumnya mendukung Pak Herdiat. Karena apapun keputusan DPP, mau tidak mau atau suka tidak suka, harus diamankan serta dijalankan oleh seluruh struktur dan kader partai. Dan kami menemui pengurus PD untuk memberikan pemahaman tersebut,” katanya.

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Aneh! Ketua PD Golkar Sudah Meninggal Tandatangani Dukungan Cabup

Selain itu, tambah Kuncoro, yang dibutuhkan dari pengurus PD Golkar saat ini sudah bukan lagi surat dukungan, tetapi action dalam menyosialisasikan calon bupati Ciamis yang diusung Partai Golkar ke akar rumput dan masyarakat  Ciamis.

“Yang kami butuhkan saat ini adalah action dari pengurus PD Golkar untuk segera menyosialisasikan sekaligus memenangkan Iing Syam Arifin di perhelatan Pilkada Ciamis,” tegasnya.

Berita Terkait: (Pilkada Ciamis) Surat Dukungan Iing Diduga Dipalsukan, PK Golkar Lapor Polisi

Seharusnya, lanjut Kuncoro, gerakan itu pun dilakukan oleh struktur DPD Partai Golkar Kabupaten Ciamis. Menurutnya, setelah surat rekomendasi turun dari DPP, maka seluruh kader Golkar kembali bersatu dan bersama-sama memenangkan calon bupati yang diputuskan melalui surat rekomendasi DPP.

“Bahkan, rekomendasi DPP Golkar sudah diperkuat oleh surat petunjuk dari DPD Partai Golkar Jawa Barat. Jadi apalagi yang harus diperdebatkan? Seharusnya saat ini sudah mulai melakukan konsolidasi guna mempersiapkan stretegi partai dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada. Karena waktu masa pendaftaran pasangan calon tinggal beberapa bulan lagi,” pungkasnya. (Bgj/R2/HR-Online)

- Advertisment -