Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariRerentuhan Jembatan Cikaso Ciamis Sumbat Aliran Sungai, Warga Minta Alat Berat

Rerentuhan Jembatan Cikaso Ciamis Sumbat Aliran Sungai, Warga Minta Alat Berat

Rumah warga yang berada di bantaran Sungai Cikaso atau tepatnya di Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, ambruk akibat tergerus longsoran akibat arus sungai terus menghantam bantaran. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dusun Sukapura, Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Eji, meminta Pemkab Ciamis agar segera menurunkan alat berat untuk mengeruk bongkahan batu dari reruntuhan bangunan jembatan yang ambruk ke dasar Sungai Cikaso.

Bongkahan batu tersebut kini menyumbat aliran air sungai. Akibatnya, air sungai yang tersumbat itu meluap dan menggerus tanggul hingga mengakibatkan satu rumah warga yang berada di bantaran sungai ambruk.

Menurut Eji, setelah merobohkan satu rumah warga, arus sungai kencang yang alirannya tersumbat reruntuhan jembatan kini tengah mengancam rumah warga lainnya. “Kalau reruntuhan jembatan tidak dikeruk, kami khawatir rumah warga yang tergerus arus sungai semakin bertambah,” ujarnya, kepada HR Online, Minggu (08/10/2017).

Eji pun mengaku pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan alat berat ke Pemkab Ciamis, baik melalui BPBD maupun Dinas PUPR. Namun, lanjut dia, permohonan itu hingga kini belum dikabulkan.

“Kami sangat memohon adanya bantuan alat berat untuk mengeruk sisa-sisa batu dari reruntuhan jembatan agar aliran air sungai bisa mengalir lancar dan tidak menggerus terus ke pinggiran pemukiman warga,” ujarnya.

Warga setempat pun, tambah Eji, tengah bergotongroyong membersihkan bongkahan batu dari reruntuhan jembatan serta membuang pepohonan yang runtuh ke sungai dengan alat seadanya. (Suherman/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Setelah Jembatan, Luapan Sungai Cikaso Ciamis Robohkan Satu Rumah Warga

Duh, Jembatan Cikaso Ciamis Kembali Ambruk dan Ancam Rumah Warga

- Advertisment -