Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisSMP Muhammadiyah Cikoneng Ciamis Bekali Siswa Keterampilan Produksi Tekstil

SMP Muhammadiyah Cikoneng Ciamis Bekali Siswa Keterampilan Produksi Tekstil

Kepala SMP Muhammadiyah Cikoneng, Sopwan, ketika ditemui Koran HR pada kegiatan Expo dan Ajang Kreatifitas Siswa (Aksi) tingkat SD/ MI se Kecamatan Cikoneng dan Sindangkasih, Senin (23/10/2017) lalu. Foto: Dian Sholeh/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Cikoneng membekali para siswanya keterampilan tekstil. Keterampilan tekstil itu dikemas pihak sekolah dalam program studi muatan lokal. Upaya tersebut ditujukan agar para siswa lebih kreatif serta memiliki bekal untuk masa depan. 

Kepala SMP Muhammadiyah Cikoneng, Sopwan, ketika ditemui Koran HR, pada kegiatan Expo dan Ajang Kreatifitas Siswa (Aksi) tingkat SD/ MI se Kecamatan Cikoneng dan Sindangkasih, Senin (23/10/2017) lalu, membenarkan program tersebut.

Sopwan menjelaskan, kegiatan expo yang digelar pihaknya tersebut merupakan bagian dari ajang memamerkan produk hasil kreatifitas siswa. Produk tersebut memiliki nilai ekonomis dan menjadi peluang usaha kedepan.

Menurut Sopwan, muatan lokal itu dibina melalui keterampilan jahit menjahit, salah satunya karya tekstil yang menghasilkan sarung, bantal, kursi dan celana dalam perempuan dan laki-laki, orang dewasa dan anak anak.

“Tentunya kami berharap dengan adanya keterampilan bidang tekstil ini agar para siswa memiliki bekal untuk kehidupan di masa depan,” katanya.

Ketua Panitia Aksi, Hasan Hasanudin, mengungkapkan, dalam kegiatan Aksi tingkat SD/ MI tersebut pihaknya memperlombakan berberapa cabang mata lomba, diantaranya MTQ, MHQ, kaligrafi, cerdas-cermat, LMP, lomba pidato dan rebana.

Menurut Hasan, kegiatan itu diikuti sekitar 143 peserta perwakilan dari SD/ MI se Kecamatan Cikoneng dan Sindangkasih. Kegiatan tersebut juga merupakan wadah pendidikan untuk  mengembangkan kreatifitas dan bakat yang dimiliki siswa-siswi SD/ MI.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis, H. Wawan S Arifien, di sela-sela mengunjungi kegiatan Aksi dan pameran kreatifitas siswa SMP Muhammadiyah Cikoneng, mengapresiasi produk hasil kreatifitas para siswa.

“Kalau dilihat dari hasil sudah bagus. Hanya saja masih kurang dalam kemasan. Tinggal dikembangkan dan dikemas lagi. Selain itu, untuk memasarkannya harus banyak mengikuti berbagai even atau pameran-pameran. Produk yang dihasilkan juga harus memiliki ciri khas jangan sampai campur-campur,” katanya. (DSW/Koran HR)

- Advertisment -