Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita BanjarSudah Seminggu, PJU di Dua Lokasi di Banjar Ini Padam

Sudah Seminggu, PJU di Dua Lokasi di Banjar Ini Padam

Lampu PJU yang terletak di Jalan Raya Langensari-Banjar di Dusun Sampih, Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Puluhan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang terpasang di Jalan Raya Langensari-Banjar, tepatnya di Dusun Sampih, Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, lebih dari satu minggu ini padam.

Barok, salah satu warga setempat, mengatakan, akibat padamnya PJU sejak satu minggu lebih, membuat para pengendara yang melintas merasa was-was. Sebab, di balik rindangnya pohon yang berdiri di pinggir jalan dan PJU yang padam, membuat suasana jalan kota tersebut semakin membahayakan pengendara.

“Kemarin saja waktu malam Minggu ada kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang. Meski menggunakan alat kelengkapan bermotor seperti helm dan sebagainya, kecelakaan itu salah satunya dipicu penerangan jalan umum yang minim. Apalagi, saat kejadian tidak ada yang tahu, hanya saja setelah beberapa waktu ada yang melihat motor sudah rusak karena menabrak pembatas jalan dan darah yang berceceran di sekitar pohon,” tuturnya, kepada Koran HR, Selasa (03/10/2017) lalu.

Karena kejadian tersebut, dirinya meminta kepada pemerintah kota melalui dinsa terkaitnya, supaya segera memperbaiki fasilitas publik itu, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan lainnya menimpa pengguna jalan.

“Kita tahu sendiri kalau yang melintas di jalan ini memacu kendaraannya cepat-cepat, ditambah lagi masih banyak juga yang tidak pakai alat kelengkapan bermotor seperti helm. Bahkan, tidak sedikit pula yang memacu kendaraannya tanpa menggunakan lampu dengan kecepatan cukup tinggi yang biasa dilakukan para remaja,” ujar Barok.

Hal senada diungkapkan Nasir, warga lainnya. Menurut dia, ada 10 PJU di jalan kota tersebut yang kerap padam setelah hujan tiba. Selain karena faktor hujan, padamnya PJU dilatarbelakangi adanya kesengajaan orang-orang yang tidak bertanggungjawab, agar kondisi jalan tetap gelap.

“Nah ini perlu adanya kebersamaan untuk menjaga fasilitas umum. Jika tidak dirawat dan diawasi secara berkala, tentunya masyarakat yang menjadi korbannya,” kata Nasir.

Selain di Jalan Raya Langensari-Banjar, fasilitas PJU yang padam juga terlihat di Jalan Kapten Jamhur. Titik lokasi PJU yang padam selama satu minggu ini terlihat mulai dari pertigaan RCA hingga pertigaan antara Jalan Setia dengan Jalan Kapten Jahur. (Muhafid/Koran HR)

- Advertisment -