Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita PangandaranSungai Meluap yang Sebabkan Banjir di Pangandaran Akibat Tumpukan Sampah

Sungai Meluap yang Sebabkan Banjir di Pangandaran Akibat Tumpukan Sampah

Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi, menyebabkan Sungai Cijulang di kampung Pongpet Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, meluap dan merendam areal perkebunan warga. Foto: Istimewa/Facebook

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengungkapkan, terjadinya banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di wilayah Kabupaten Pangandaran, lebih disebabkan dari tumpukan sampah yang sebelumnya dibuang ke sungai.

Menurut Nana, di saat memasuki musim hujan, sampah-sampah yang dibuang ke sungai terbawa arus dan terakumulasi menjadi tumpukan yang kemudian menyumbat aliran air sungai. Dari situlah kemudian air sungai meluap dan menyebabkan banjir.

“Makanya, kami menghimbau kepada masyarakat tolong jangan buang sampah ke sungai, meski di saat musim kemarau. Karena, meski saat kemarau sampah-sampah di sungai tidak berdampak, namun di saat musim hujan akan terakumulasi menjadi tumpukan yang menyumbat aliran air sungai. Jika kondisinya begitu, ya otomatis sungai meluap dan menyebabkan banjir,” ujarnya.

Nana menambahkan, dari pantauan di beberapa titik banjir, diketahui bahwa penyebab banjir disebabkan akibat aliran air tersumbat. “Memang benda-benda yang menyumbat aliran sungai tidak hanya sampah saja, tetapi ada juga potongan ranting pohon tumbang yang terbawa arus sungai,” ujarnya.

Sementara itu, akibat hujan lebat dengan intensitas tinggi yang terjadi Rabu (04/10/2017) malam hingga Kamis (05/10/2017) pagi tadi, membuat sejumlah anak sungai yang berada di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengalami peningkatan debit air. Bahkan, sungai yang berada di Dusun Karangnangka, Desa Bojong, Kecamatan Parigi dan sungai Bojongmalang yang berada di Dusun Jajaway, Desa Jadikarya, Kecamatan Langkaplancar, meluap akibat terjadinya banjir bandang. (R2/HR-Online)

Berita Terkait

Air Sungai Meluap, Jalan di Cigugur Pangandaran Ini Kebanjiran

Akibat Hujan Tadi Malam, 2 Sungai di Pangandaran Meluap Akibat Banjir Bandang

Akibat Hujan Tadi Malam, Dua Jalan Akses Vital di Pangandaran Tergerus Longsor

Diguyur Hujan Lebat, Dua Rumah di Pangandaran Terkena Longsor

- Advertisment -