Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisTagih Janji Diangkat Jadi PNS, 1338 Perangkat Desa Ciamis Temui Presiden Jokowi

Tagih Janji Diangkat Jadi PNS, 1338 Perangkat Desa Ciamis Temui Presiden Jokowi

Ribuan perangkat desa di Kabupaten Ciamis atau yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), saat berkumpul di halaman Islamic Center Ciamis Senin (23/10/2017) malam. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sedikitnya 1338 perangkat desa di Kabupaten Ciamis atau yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), Senin (23/10/2017) malam, bertolak ke Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negera.

Mereka akan bergabung dengan perangkat desa lainnya dari sejumlah daerah di Indonesia untuk bersilaturahmi serta menagih janji Presiden Jokowi yang akan mengangkat perangkat desa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara bertahap.

Sebelum berangkat ke Jakarta, rombongan perangkat desa berkumpul di halaman Islamic Center Ciamis. Kemudian rombongan dilepas oleh Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana dan Ketua Korpri Kabupaten Ciamis, Herdiat Sunarya.

Ketua PPDI Kabupaten Ciamis, Toto Suryanto, mengatakan, rombongan perangkat desa dari Ciamis diberangkatkan dengan menggunakan 27 bus atau satu bus rombongan per kecamatan. “Kami berangkat ke Jakarta intinya dalam rangka silaturahmi dan menagih janji Presiden Jokowi yang disampaikan saat kampanye Pilpres 2014 lalu, dimana beliau berjanji akan mensejahterakan perangkat desa dengan cara mengangkat menjadi PNS secara bertahap,” ujarnya.

Toto menambahkan, agenda keberangkatan perangkat desa ke Jakarta mendapat dukungan dari kepala desa masing-masing. Bahkan, ada beberapa kepala desa yang ikut bersama rombongan ke Jakarta. “Sekitar 40 persen kepala desa di Ciamis ikut bersama rombongan perangkat desa. Hal itu sebagai bentuk dukungan moril terhadap perjuangan perangkat desa,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Toto, rombongan perangkat desa di masing-masing kecamatan pun  dilepas oleh camat masing-masing. Dengan begitu, kata dia, keberangkatan perangkat desa ke Jakarta sudah mendapat dukungan serta ijin dari kepala desa dan camat. “Kami berangkat ke Jakarta dengan biaya swadaya murni dari hasil patungan seluruh anggota PPDI,” ujarnya.

Sesampainya di Jakarta, kata Toto, rombongan akan transit di Masjid Istiqlal untuk berkumpul dengan perangkat desa se-Indonesia. Setelah itu, kemudian bergerak ke kantor Kementerian Dalam Negeri dan dilanjut menuju Istana Presiden. “Kami berani menagih janji, karena saat Pilpres 2014 lalu memilih Pak Jokowi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Korpri Kabupaten Ciamis, Herdiat Sunarya dan Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana, saat melepas rombongan mendoakan semoga seluruh perangkat desa yang berangkat ke Jakarta selamat sampai tujuan. Juga keinginan  para perangkat desa diangkat menjadi PNS bisa tercapai.

“Kami juga mengingatkan kepada seluruh perangkat desa saat menyampaikan tuntutan kepada Presiden disampaikan secara santun dan tertib,” pintanya. (R2/HR-Online)

- Advertisment -