Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisTergerus Longsor, Kadisdik Ciamis: 3 Ruang Kelas di SDN 2 Nasol Harus...

Tergerus Longsor, Kadisdik Ciamis: 3 Ruang Kelas di SDN 2 Nasol Harus Dirobohkan

Tembok penahan tebing (TPT) setinggi 4 meter dan panjang 10 meter di sekolah dasar (SD) Negeri 2 Nasol di Dusun Palasari, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, ambruk tergerus longsor. Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Wawan S Arifien, menginstruksikan kepada guru sekolah agar bangunan ruangan kelas di SD Negeri 2 Nasol yang terancam ambruk tergerus longsor agar tidak dipergunakan untuk proses belajar mengajar. Dia mengatakan pihaknya akan secepatnya memperbaiki tembok penahan tebing yang ambruk itu sebagai langkah penanggulangan sementara.

“Agar tiga ruang kelas tidak roboh dan bisa digunakan kegiatan belajar kembali, secepatnya tembok yang ambruk itu akan segera diperbaiki. Selain itu, dampak dari longsor ini pun dikhawatirkan menimpa dua atau tiga rumah yang berada di bawahnya,” ujar Wawan saat meninjau ke lokasi longsoran, Selasa (10/10/2017).

Berita Terkait: 3 Ruang Kelas di Ciamis Terancam Ambruk Tergerus Longsor

Namun begitu, Wawan mengaku kesulitan mencari anggaran untuk perbaikan tembok penahan tebing tersebut. Karena APBD Perubahan 2017 sudah disahkan. Untuk itu, kata dia, pihaknya akan mencari dana talang yang secara perhitungan diperkirakan menelan biaya kurang lebih sekitar Rp 100 juta.

“Yang dikhawatirkan tanda-tandanya sudah terlihat, dimana di ruang kelas sudah ada retakan-retakan dan konstruksi bangunannya terlihat miring,” katanya.

Menurut Wawan, atas instruksi dari Bupati Ciamis Iing Syam Arifin, tiga bangunan ruang kelas tersebut akan dihapus atau dirobohkan karena dianggap tidak layak karena terletak dipinggir tebing. “Ruang kelas baru akan dibangun di lokasi lapang upacara. Rencananya akan dimasukan pada program DAK tahun 2018,” ujarnya.

Wawan menambahkan, melihat dua rumah milik warga yang terancam longsoran, terlihat sudah layak untuk mendapat bantuan program rumah tidak layak huni (rutilahu) dari Baznas Ciamis. Dia pun berharap Baznas segera meninjau langsung ke lokasi dua rumah warga tersebut. (Heri/Koran-HR)

- Advertisment -