Terkait Pengembangan Wisata Unggulan Daerah di Ciamis, Akademisi Desak Pemerintah Bikin Kajian Prioritas

Objek Wisata Cireong Kabupaten Ciamis. Foto: Dokumen HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akademisi Universitas Galuh (Unigal) mendesak Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk segera membuat kajian terkait prioritas pengembangan destinasi wisata unggulan daerah. Kajian itu juga sekaligus akan memetakan potensi wisata yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPP)M Unigal, Endin Lidinillah, ketika ditemui Koran HR, Senin (09/10/2017) lalu, mengatakan, seandainya kajian prioritas pengembangan wisata tidak dilakukan, maka program pengembangan wisata Ciamis tidak akan terarah.

“Selain itu, realisasi pengembangan potensi wisata pun menjadi parsial, karena potensi wisata ini tersebar di hampir semua desa. Nanti desa-desa yang memiliki potensi akan saling berebut meminta perhatian dari pemerintah,” katanya.

Endin menegaskan, sebelum pemerintah memprioritaskan pengembangan salah satu destinasi wisata unggulan, ada baiknya jika pemerintah menyelesaikan terlebih dahulu penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Menurut Endin, pengembangan destinasi wisata unggulan dilakukan akan sia-sia seandainya pengembangan wisata Kabupaten Ciamis itu tidak sesuai dengan RTRW dan RDTR yang ditetapkan pemerintah.

Diakui Endin, setelah Pangandaran berpisah, saat ini program pengembangan wisata Kabupaten Ciamis tidak masuk dalam agenda pemerintah, baik di tingkat provinsi ataupun pemerintah pusat.

Artinya, kata Endin, anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat untuk pembangunan dan pengembangan potensi wisata di Kabupaten Ciamis tidak sepenuhnya didukung.

Namun demikian, Endin menambahkan, Pemerintah Kabupaten Ciamis tidak perlu pesimis dengan hal itu. Menurut dia, hal ini merupakan tantangan baru bagi pemerintah di bidang pengembangan pariwisata.

“Ini waktunya bagi pemerintah daerah untuk menciptakan destinasi wisata unggulan yang potensial dan berdaya saing,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Endin berharap, pengembangan potensi kepariwisataan di Ciamis diangkat menjadi isu strategis bagi calon bupati/ wakil bupati Ciamis mendatang. Bila isu ini dijadikan visi dan misi, maka pengembangan wisata Ciamis akan menjadi prioritas di masa kepemimpinan yang akan datang. (Deni/Koran HR)

Loading...