Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita BanjarWarga Sukarahayu Banjar Minta Jalan Irigisi Dipasang PJU

Warga Sukarahayu Banjar Minta Jalan Irigisi Dipasang PJU

Jalan irigasi, tepatnya di sepanjang Dusun Sukarahayu, RT.05-RT.01, Desa Waringinsari, Kota Banjar, yang merupakan bagian jalan kota dan belum diberi fasilitas PJU. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jalan irigasi yang berada di wilayah Dusun Sukarahayu, RT.05-RT.01, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, hingga kini belum mendapatkan sarana penerangan jalan berupa PJU. Padahal, akses itu merupakan bagian jalan kota yang ada di wilayah tersebut.

“Jalan ini kan selalu ramai dilalui pengendara dan merupakan bagian jalan kota di wilayah ini, tapi kenapa sampai sekarang belum mendapat perhatian diberi PJU,” kata Iran, salah seorang warga Dusun Sukarahayu, kepada Koran HR, Minggu, (15/10/2017) lalu.

Menurutnya, tidak seperti jalan kota yang ada wilayah Kelurahan Muktisari dan di wilayah Dusun Kedungwaringin, Desa Waringinsari, di mana kedua jalan tersebut sudah lama dipasang PJU.

Padahal, lanjut Iran, warga Dusun Sukarahayu juga sama dibebani pajak penerangan jalan setiap bulannya dari biaya rekening listrik. Namun, jumlah PJU yang ada masih minim sehingga butuh penambahan di beberapa titik.

“Kan jalan itu sama pentingnya butuh PJU. Terlalu lama tak diperhatikan seolah nilai estetika dan kenyamanan sebuah kota tidak merata,” ujar Iran.

Senada dikatakan warga setempat lainnya, Saryo, bahwa keindahan tatanan kota di jalur jalan irigasi yang ada di wilayahnya tidak tampak, sebab kondisi jalan sangat gelap ketika malam hari.

Menurut Saryo, meski sudah diajukan, namun jalur jalan kota itu seakan terbelakangkan akan kebutuhan PJU. Sementara pemerintah desa lebih memperhatikan jalan lain yang tidak begitu penting untuk diutamakan dipasang fasilitas PJU.

“Harusnya dahulukan jalan ini sebab jalurnya ramai kendaraan. Setidaknya PJU sangat dibutuhkan untuk menunjang aspek keamanan, baik bagi pengendara maupun warga setempat,” ujar Saryo.

Kepala Dusun Sukarahayu, Agus Wartono, mengaku sudah berulang kali mengajukan beberapa titik PJU di jalur jalan tersebut, terutama sepanjang RT.05-RT.01. Namun sampai sekarang belum juga direalisasikan. 

“Kita sudah lama ajukan ke Pemdes Waringinsari untuk selanjutnya disampaikan ke dinas terkait. Tapi entah kenapa tahun ini desa malah memilih lokasi lain yang dipasang PJU. Pokoknya untuk tahun depan diharapkan desa dan kecamatan berperan aktif menyikapi kebutuhan PJU di daerahnya sehingga bisa merata,” kata Agus. (Nanks/Koran HR)

- Advertisment -