Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita PangandaranWaspada! Jalur Emplak Rawan Longsor dan Pohon Tumbang

Waspada! Jalur Emplak Rawan Longsor dan Pohon Tumbang

Proses evakuasi pohon tumbang di jalur Emplak Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Guyuran hujan yang terus melanda di sejumlah daerah di wilayah selatan Jawa Barat mengakibatkan peristiwa bencana alam tidak bisa dihindarkan, seperti bencana banjir, longsor dan pohon tumbang di wilayah Kabupaten Pangandaran yang membuat fasilitas umum mengalami rusak.

Di jalur Emplak di Kecamatan Kalipucang, sebuah pohon mengalami tumbang hingga menghalangi pengguna jalan, Senin (16/10/2017) lalu. Meski tidak ada korban jiwa, namun lalu lintas di jalan tersebut sempat tersendat lantaran harus menunggu proses evakuasi oleh petugas.

“Kita kirim sejumlah anggota untuk melakukan evakuasi. Kita menghimbau pengguna jalan yang melintas jalur Emplak untuk selalu waspada, apalagi saat ini kondisi hujan terus mengguyur wilayah selatan ini,” kata AKP Jumeli.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Pangandaran, Nana Ruhena. Menurutnya, pohon yang tumbang di jalur tersebut selain mengganggu pengguna jalan juga jalur listrik PLN.

“Kami himbau kepada warga Pangandaran untuk selalu waspada dari bencana alam akhir-akhir ini. Hujan yang terus mengguyur, kita harap masyarakat melaporkan kepada kami apabila ada peristiwa bencana agar bisa dilakukan penanganan,” katanya.

Sementara itu, Asper Perhutani wilayah Pangandaran, Aceng, mengungkapkan, di jalur Emplak terutama di pinggir jalan sedikitnya ada 30 titik rawan longsor dan pohon tumbang. Meski warga meminta untuk melakukan penebangan pohon yang ada di pingir jalan, namun ia belum bisa mengabulkan permintaan tersebut. “Nanti akan kita bicarakan lebih lanjut dengan instansi terkait, terutama dengan Perhutani,” singkatnya.  (Ntang/R6/Koran HR)

- Advertisment -