Amankan NKRI, 450 Prajurit Yonif 323 Raider Banjar Dilepas ke Papua

Sebanyak 450 orang pasukan Yonif 323 Raider Buaya Putih yang akan dilepas ke Papua, saat mengikuti upacara pelepasan. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 450 orang pasukan TNI-AD dari Satgas Yonif 323 Raider/Buaya Putih, akan dilepas ke Papua guna melakukan pengamanan perbatasan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG).

Upacara pelapasan prajurit tersebut digelar di lapangan Markas Yonif 323 Raider, dipimpin langsung oleh Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Armed. Reza  Nurfatria, Selasa (21/11/2017), dan dihadiri para tamu undangan yang terdiri dari Walikota yang diwakili oleh Wakil Walikota Banjar, Kapolresta Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Kasatpol PP Kota Banjar, serta tamu pejabat lainnya dari Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol. Armed. Reza Nurfatria, mengatakan, prajurit TNI Yonif 323 Raider nantinya ditugaskan di Papua sebagai pengamanan wilayah perbatasan selama kurang lebih sembilan bulan.

Selain itu, ketika bertugas nanti, prajurit bisa melakukan pembinaan kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. “Yang ditugaskan sebanyak 450 prajurit, bergantian dengan petugas dari kesatuan lain,” terangnya, kepada sejumlah awak media.

Reza juga mengatakan, meski harus meninggalkan keluarga, namun semangat yang ditunjukan oleh para prajurit TNI-AD perlu diacungi jempol. Hal ini demi menjaga kesatuan NKRI.

Danyon 323 Raider, Letkol. Inf. Agust Jovan Latuconsina, mengatakan, ketika bertugas para prajurit pun diharapkan siaga. Sebab, tidak menutup kemungkinan separatis yang belum lama ini melakukan penyanderaan terhadap masyarakat masuk ke wilayah tugas.

“Diharapkan setiap prajurit lebih waspada dan bisa melaksanakan tugas dengan lancar,” tandasnya.

Agust menambahkan, berdasarkan dari informasi intelijen di wilayah tugasnya nanti, wilayah tersebut masih terbilang cukup aman. Namun, antisipasi harus tetap dilakukan demi kondusifitas dan menjaga keamanan NKRI.

Sementara itu, Muhammad Latuconsina (62), ayahanda dari Danyonif 323 Raider Buaya Putih, Letkol. Inf. Agust Jovan Latuconsina, yang hadir pada acara pelepasan tersebut, mengaku bahwa dirinya merasa bangga terhadap pasukan TNI. Terutama bangga kepada anak tercintanya yang akan mengemban tugas ke Papua.

“Semoga saat mengemban tugas di perbatasan Papua nanti, seluruh pasukan selalu ada dalam lindungan Allah SWT,” ucapnya. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar