Antisipasi Banjir, Dinas LH Banjar Angkat Sampah dari Selokan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, Yoyo Suharyono, sedang memantau pasukannya yang membersihkan selokan di jalan Siliwangi yang tersendat sampah, Rabu (15/11/2017). Foto : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Banjir menggenangi jalan Siliwangi atau tepatnya di depan lapang Golf Kota Banjar, pada Selasa (14/11/2017) malam, akibat diguyur hujan deras. Untuk mengatasi kembali datangnya banjir, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Banjar mengerahkan pasukan membersihkan selokan di daerah sekitar yang tersendat sampah, Rabu (15/11/2017).

Pantauan HR Online di lokasi, sejumlah petugas turun langsung ke selokan untuk membersihkan selokan, dan mengangkut sampah yang menumpuk di saluran air tersebut. Dengan menggunakan alat seperti cangkul dan peralatan lainnya, pasukan “Danyo” ini sibuk mengorek tumpukan sampah yang menumpuk.

Kepala Dinas LH Kota Banjar, Yoyo Suharyono mengatakan, bahwa setiap hujan besar di wilayah tersebut kerap banjir yang menggenangi jalan atau jalur utama selatan.

“Sampah menumpuk di selokan tersebut, sehingga jika hujan besar selalu banjir dan menggenangi jalan,” ujarnya.

Yoyo menambahkan, dengan menumpuknya sampah tersebut, secara otomatis membuat sistem drainase tidak berjalan normal. “Sampah tersebut kebanyakan dari ranting-ranting dan daun dari pohon di gunung babakan,” ungkapnya.

Usai membersihkan sampah, pasukan “Komandan Yoyo” ini pun lalu beranjak ke tempat lain untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di Kota Banjar.

Menurutnya, dengan bebas sampah, maka lingkungan akan sehat, indah, dan bebas penyakit. “Kami pun menghimbau kepada masyarakat untuk sadar kebersihan dan jangan sampai membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar